Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tutup karena Pandemi, Museum Ini Tak Sadar Lukisan Berusia 500 Tahun Dicuri

KOMPAS.com - Sebuah lukisan kuno berusia 500 tahun, salah satu koleksi Doma Museum yang ada di gereja San Domenico, Italia, ditemukan oleh pihak kepolisian yang menggelar operasi pada 16 Januari lalu.

Lukisan itu ditemukan ada di satu lemari di kamar sebuah flat di Napoli, Italia.

Karya seni yang dikenal sebagai salinan "Salvator Mundi" itu diyakini dibuat oleh murid Leonardo da Vinci, Giacomo Alibrandi, pada awal abad ke-16.

Sementara lukisan "Salvator Mundi" yang asli dibuat oleh da Vinci.

Namun, kecurigaan mengarah kepada organisasi perdagangan seni internasional, mengingat tidak ada kerusakan yang ditemukan di area museum atau ruangan tempat karya lawas itu disimpan.

Hal itu dikatakan oleh Jaksa Napoli Giovanni Melillo.

"Masuk akal bahwa itu adalah pencurian yang dikomandoi oleh organisasi yang bekerja di perdagangan seni internasional," kata Melillo, mengutip BBC, Selasa (19/1/2021).

Pemilik flat yang merupakan seorang laki-laki berusia 36 tahun pun ditahan, karena dituduh  telah menerima barang curian.

Namun lucunya ternyata pihak museum justru tidak mengetahui bahwa salah satu koleksinya itu tidak ada di tempat dan telah dicuri.

Melillo menyebut ketidaktahuan ini dikarenakan ruang tempat menyimpan karya ini sudah tidak dibuka selama 3 bulan akibat pandemi Covid-19.

Tidak diketahui kapan lukisan yang menggambarkan sosok Kristus dengan salah satu tangan diangkat dan satu yang lain memegang bola kaca ini dicuri.

Hal itu karena tidak ada pihak museum yang melaporkan kehilangan.

Lukisan asli

Sementara itu, lukisan "Salvator Mundi" yang asli telah mengalami sejumlah perubahan bahkan upaya pemulihan mengakibatkan karya itu lecet di beberapa bagian.

Namun hal ini tidak mengurangi minat pencinta seni untuk memilikinya.

Lukisan bersejarah itu pernah terjual dengan harga 450 juta dollar Amerika Serikat pada tahun 2017 dalam sebuah lelang. Harga itu menjadi yang termahal yang pernah ada.

Sosok pembeli tidak diketahui, ia berhasil memenangkan lelang hanya melalui telepon yang berlangsung kurang lebih 20 menit. 

https://www.kompas.com/tren/read/2021/01/20/202000265/tutup-karena-pandemi-museum-ini-tak-sadar-lukisan-berusia-500-tahun-dicuri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke