Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[KLARIFIKASI] Informasi Penutupan Jalan Menuju Perempatan Bulak Kapal, Bekasi

KOMPAS.com - Tersiar informasi di media sosial bahwa jalan menuju perempatan Bulak Kapal, Kota Bekasi, Jawa Barat, ditutup karena underpass Bulak Kapal tengah dibangun selama 535 hari.

Pengguna jalan diminta untuk mencari jalur alternatif. Informasi tersebut keliru.

Pemkot Bekasi memastikan tidak ada penutupan ruas jalan akibat pengerjaan underpass Bulak Kapal.

Menurut Pemkot Bekasi, hanya dilakukan pengalihan sirkulasi lalu lintas.

Narasi yang Beredar

Pada 10 November 2020, akun Facebook Jhon menulis status di grup Facebook Info Warga Bekasi berisi penutupan jalan ke arah Bulak Kapal.

Penutupan dilakukan karena ada pembangunan underpass Bulak Kapal. Ini isi lengkap statusnya:

"Mohon ijin menginformasikan Bapak Ibu.. Jl. Menuju Bulak Kapal Akan Di Tutup Karna Akan Ada Pembangunan underpass Bulak Kapal selama kurang lebih *535 hari..* Silahkan bisa mencari jalan Alternatif, Baik yang akan menuju ke Arah Jakarta dan Tambun yg Melalui Jalan Tersebut.. serta yang menuju ke Arah Perumnas 3.."

Statusnya disertai foto yang menampakkan selembar spanduk bertuliskan:

"Mohon Maaf. Hindari Menuju Perempatan Bulak Kapal (Jl. Ir. H. Juanda - Jl. Dipenegoro) sedang dilaksanakan pembangunan underpass Bulak Kapal (MYC) tahun 2020, bagi pengguna jalan dihimbau menggunakan jalur alternatif."

Akun Taufik Kurahman juga menginformasikan hal serupa pada statusnya di akun grup Info Warga Bekasi Mede 02, Rabu (11/11/2020).

Penjelasan Pemkot Bekasi

Kabag Humas Pemkot Bekasi, Yekti Rubiah, memastikan bahwa informasi penutupan jalan menuju perempatan Bulak Kapal karena sedang ada pembangunan underpass tidak benar.

"Jadi secara prinsip pekerjaan terus berjalan dan tidak melakukan penutupan jalan dan dimungkinkan hanya melakukan pengalihan sirkulasi lalu lintas," kata Yekti dikutip dari Kompas.com, Rabu (11/11/2020).

Pengerjaan underpass itu memang sedang dilakukan. Proses pengerjaan akan melewati beberapa tahap, dimulai dari kontruksi frontage dan akan berlanjut ke pengerjaan kontruksi underpass.

Yekti memastikan, selama proses tersebut tidak ada ruas jalan yang ditutup.

Pembangunan flyover dan underpass di kawasan persimpangan Bulak Kapal, Kota Bekasi, dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bertujuan mengurangi kemacetan lalu lintas.

Dinukil dari artikel Kompas.com, flyover dan underpass itu ditargetkan dapat memperlancar arus lalu lintas di Jalan Ir Juanda, Jalan Joyomartono, Jalan Pahlawan Raya, dan Jalan Diponegoro.

Menurut rencana, pembangunan akan menggunakan anggaran Kementerian PUPR. Sementara itu, Pemkot Bekasi hanya dibebani membebaskan lahan untuk pembangunan tersebut.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, informasi penutupan jalan menuju perempatan Bulak Kapal, Kota Bekasi, karena pembangunan underpass Bulak Kapal keliru.

Pemkot Bekasi memastikan tidak ada penutupan ruas jalan.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/11/12/112819365/klarifikasi-informasi-penutupan-jalan-menuju-perempatan-bulak-kapal-bekasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke