Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BMKG Jelaskan Alasan Gempa Jepara Terasa hingga Lombok dan Sumatera

KOMPAS.com- Sejumlah gempa terjadi di beberapa wilayah pada Selasa (7/7/2020) ini.

Salah satunya gempa bumi berkekuatan 6,1 magnitudo yang berpusat 53 kilometer dari Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, pada Selasa (7/7/2020) sekitar 05.54 WIB.

Getaran gempa tersebut dirasakan sampai ke daerah Karangkates, Nganjuk, Yogyakarta, Purworejo, Kuta dan Mataram dengan skala III MMI.

Selain juga terasa di Denpasar, Malang, Lumajang, Tulungagung, Blitar, Ponorogo, Pacitan, Surabaya, Wonogiri dan Kebumen II-III MMI.

Kemudian Banjarnegara, Pangandaran, Karangasem, Lombok Barat , Garut, Boyolali, Krui, Sekincau, Semaka, Pekalongan, Banyumas, Wonosobo, Magelang, Purbalingga dan Gianyar II MMI.

Terjadi di hiposenter yang dalam

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan mengapa getaran gempa bumi berkekuatan 6,1 M yang mengguncang Laut Jawa, tepatnya di sisi utara Jepara, Jawa Tengah, terasa hingga Sumatera, Bali, dan Lombok.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono menyebutkan alasan utama karena gempa terjadi di hiposenter yang begitu dalam, yakni 539 kilometer di bawah laut.

"Karena dalam banget, jadi menyebar luas," ujar Daryono saat dihubungi Selasa (7/7/2020) siang.

Dalam akun Twitter-nya Daryono juga menjelaskan hal yang sama.

Putusnya slab lempeng Indo-Australia

Gempa yang kemudian disebut sebagai Deep focus earthquake ini terjadi akibat putusnya slab lempeng Indo-Australia akibat gaya gravitasi.

"Slab lempeng Indo-Australia yang sudah menggantung kemudian putus karena adanya tarikan gaya gravitasi atau proses lempeng yang mulai menggulung balik (roll back)," jelas Daryono.

Meski tidak berpotensi tsunami dan belum menyebabkan adanya kerusakan berarti, guncangan gempa bumi tektonik ini bisa dirasakan di sebagian besar Pulau Jawa, Bali, Lombok, dan Sumatera bagian selatan.

Selain dirasakan di pantai utara Jawa, gempa yang terjadi pada pukul 05.54 WIB pagi tadi juga terasa kencang di wilayah-wilaya selatan Jawa.

Menjelaskan hal itu, Daryono melalui akun Twitter-nya memberikan gambar ilustrasi yang bisa menunjukkan pergerakan gelombang seismik sehingga membuatnya terasa di Jawa bagian selatan.

"Hingga puku 06.25 WIB pagi ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," sebut Daryono.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/07/07/134500565/bmkg-jelaskan-alasan-gempa-jepara-terasa-hingga-lombok-dan-sumatera

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke