Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpora Tanggapi Kekecewaan Siman di Kirab Juara Atlet SEA Games

Kompas.com - 19/05/2023, 19:56 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo meminta maaf kepada pihak-pihak yang merasa tidak nyaman saat acara prosesi arak-arakan timnas U22 Indonesia dan kontingen SEA Games 2022 hendak berlangsung pada Jumat (19/5/2023) pagi WIB.

Menurut Dito Ariotedjo acara sebenarnya telah bermula dengan baik di awal.

Ia mengapresiasi persiapan di halaman gedung Kemenpora yang menurutnya sangat seru dan menyenangkan karena ada beberapa artis yang datang seperti JKT 48, Marshel, dan juga Dustin.

"Memang karena menunggu atlet bola tadi akhirnya kita putuskan langsung mulai acaranya," ujar Dito seperti dikutip dari BolaSport.

"Ternyata ada kekecewaan dari atlet renang Siman (Sudartawa). Tapi, ini tidak juga kita berniat seperti itu."

Baca juga: Kritik I Gede Siman soal Kirab Juara SEA Games, Soroti Perlakuan Beda dengan Cabor Sepak Bola 

Dito mengutarakan bahwa pihaknya berinisiatif untuk mengadakan acara yang baru pertama kali bergulir ini.

Apalagi, kontingen Indonesia menutup SEA Games 2023 di urutan ketiga klasemen dengan perolehan 87 medali emas, 80 perak, dan 109 perunggu.

"Justru kita hari ini mencoba untuk mengapresiasi baru pertama kalinya atlet SEA Games ini kita apresiasi untuk pawai di Jakarta," tuturnya menambahkan. 

"Menurut saya di SEA Games ini banyak sekali target-target yang sudah lama tidak terlampaui, contohnya dari jumlah medali emas, ini adalah perolehan emas terbanyak selama 20 tahun terakhir."

Ia memuji keberhasilan di mana kontingen Indonesia menjadi juara umum di tujuh cabang olahraga dengan empat atau lima mencetak sejarah seperti timnas basket putri yang mendapatkan emas pertama kali dan timnas sepak bola putra meraih medali emas setelah 32 tahun.

Tak hanya itu, hoki putra juga mendapat emas, kriket pun sama, dan atletik mendapatkan emas pertama di nomor 4x100 meret setelah 12 tahun.

Baca juga: Apresiasi dan Catatan Odekta Naibaho soal Kirab Juara SEA Games 2023

Namun, keberhasilan timnas U22 Indonesia mendapatkan emas bisa dibilang paling menyita perhatian publik Tanah Air.

Sehingga, pihak Kemenpora berusaha menggabungkan antusiasme masyarakat kepada sepak bola dengna mempromosikan cabor-cabor lain.

"Ini budaya pertama di mana kita bisa dibilang memang menunggangi antusias masyarakat kepada bola dengan mempromosikan juga bahwa cabor-cabor lain juga berprestasi," tutur Dito.

"Memang pasti ada yang tidak nyaman dan kita sangat mohon maaf. Semoga ini jadi budaya baru yang nantinya juga cabor-cabor itu bisa mengikuti apa yang tadi PSSI lakukan."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com