Kompas.com - 29/06/2022, 12:30 WIB

KOMPAS.com - Salah satu tujuan passing atau mengumpan dalam permainan sepak bola adalah untuk memindahkan bola kepada rekan setim yang posisinya lebih menguntungkan.

Passing merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepak bola. Passing memiliki banyak tujuan, di antaranya adalah untuk memindahkan bola ke pemain lain dan menciptakan peluang mencetak gol.

Bagi pemain yang menerima passing, dia harus menguasai teknik mengontrol bola atau disebut controlling the ball.

Pada saat seorang pemain menerima passing dari teman satu timnya, yang harus dilakukan agar bola tersebut mudah untuk dikontrol dalam permainan sepak bola adalah dengan menghentikan bola menggunakan salah satu bagian tubuh.

Baca juga: Istilah Lain Tendangan Bebas dalam Permainan Sepak Bola

Dikutip dari buku buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (2017) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, teknik mengontrol bola merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pemain sepak bola.

Mengontrol bola adalah usaha untuk menghentikan bola yang sedang melaju cepat ketika bermain sepak bola.

Sebagai contoh, ketika seorang pemain mendapatkan umpan dari rekan setimnya maka dia akan mengontrol bola tersebut dengan cara menghentikan lalu menguasainya.

Baca juga: Apa Saja Contoh Gerak Non-lokomotor pada Permainan Sepak Bola?

Teknik menghentikan bola harus dikuasai secara baik oleh seorang pesepak bola agar dia bisa mengontrol atau menguasai bola secara baik pula.

Dalam permainan sepak bola, ada beberapa bagian tubuh yang bisa digunakan untuk mengontrol bola, yaitu:

  • Telapak kaki
  • Kaki bagian dalam
  • Kaki bagian luar
  • Punggung kaki
  • Dada
  • Kepala
  • Paha

Bagian-bagian tubuh tersebut dapat digunakan untuk menghentikan atau mengontrol bola.

Ricky Kambuaya menguasai bola dalam sesi latihan Persib Bandung Selasa (28/6/2022) di Lapangan Soccer Republic Bandung. Ini adalah latihan pertama Kambuaya di klub barunya itu.Dok. Ofisial Persib Bandung Ricky Kambuaya menguasai bola dalam sesi latihan Persib Bandung Selasa (28/6/2022) di Lapangan Soccer Republic Bandung. Ini adalah latihan pertama Kambuaya di klub barunya itu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.