Kompas.com - 26/05/2022, 17:20 WIB

KOMPAS.com - Ada berbagai jenis teknik tendangan dalam pencak silat, salah satunya adalah tendangan depan. Lantas bagaimana pelaksanaan teknik tendangan depan dalam pencak silat?

Dalam cabang olahraga pencak silat kategori tanding, seorang pesilat akan melakukan berbagai upaya serangan untuk mencetak poin.

Salah satu jenis serangan dalam pencak silat adalah tendangan.

Serangan pencak silat yang menggunakan kaki disebut tendangan, sedangkan yang menggunakan tangan disebut pukulan.

Baca juga: Contoh Pelaksanaan Sikap Kuda-kuda Depan dalam Pencak Silat

Dikutip dari buku Pencak Silat (2015) karya Erwin Setyo Kriswanto, S.Pd., M.Kes., AIFO., teknik tendangan dalam pencak silat dibagi menjadi beberapa macam.

Jenis-jenis teknik tendangan dalam pencak silat yaitu tendangan lurus atau tendangan depan, tendangan jejag, tendangan melingkar, tendangan "T", tendangan samping, tendangan belakang, dan tendangan sabit.

Dalam artikel ini akan dibahas secara khusus mengenai tendangan depan dalam pencak silat.

Baca juga: Arah Serangan Kaki dalam Pencak Silat

Atlet pencak silat putri Indonesia, Wita Wewey (biru) bertanding melawan pesilat asal Vietnam, Tran Thi Them (merah) pada partai final kelas B putri 50 kg sampai 55 kg Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Rabu (29/8/2018). Wita Wewey berhasil meraih emas.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Atlet pencak silat putri Indonesia, Wita Wewey (biru) bertanding melawan pesilat asal Vietnam, Tran Thi Them (merah) pada partai final kelas B putri 50 kg sampai 55 kg Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Rabu (29/8/2018). Wita Wewey berhasil meraih emas.

Tendangan depan atau tendangan lurus dalam pencak silat adalah tendangan yang dilakukan dengan arah ke depan yaitu meluruskan tungkai sampai ujung kaki.

Cara Melakukan Tendangan Depan dalam Pencak Silat

Berikut adalah urutan gerakan tendangan depan dalam pencak silat.

1. Sikap awal saat melakukan tendangan depan adalah tegak.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.