Indonesia dan Portugal Berpotensi Jalin Kerja Sama untuk Pengembangan Sepak Bola

Kompas.com - 25/05/2022, 22:40 WIB

KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali melakukan pertemuan dengan Duta Besar RI untuk Republik Portugal, Rudy Alfonso, Rabu (25/5/2022) pagi.

Pertemuan yang digelar di Gedung Graha Pemuda Kemenpora, Senayan Jakarta ini membahas terkait kerja sama Indonesia dengan Portugal dalam pengembangan sepak bola di Tanah Air.

“Pak Dubes menyampaikan hal yang sangat bagus dan sangat penting yakni tentang pengembangan sepak bola di Tanah Air,” ujar Menpora Amali dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Kita tahu bahwa Portugal itu negara yang punya tradisi sepak bola yang sangat bagus, bahkan pemain-pemainnya juga tersebar di mana-mana, kan dia mirip-mirip Brasil,” ujar Menpora Amali.

Baca juga: Menpora Pastikan Bonus untuk Atlet Berprestasi di SEA Games 2021: Tunggu Waktunya

“Saya berharap kepada pak Dubes manfaatkan kehadiran beliau di sana untuk membuat suasana pembinaan sepak bola di Tanah Air, apa yang bisa dikontrubusikan, itu yang saya minta ke beliau,” tambah Menpora Amali.

Zainudin AmaliDok. Kemenpora Zainudin Amali

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Republik Portugal, Rudy Alfonso dalam kesempatan ini melaporkan kepada Menpora Amali bahwa presiden federasi sepak bola Portugal, Fernando Gomes sangat terbuka membantu Indonesia dalam pengembangan sepak bola.

Bahkan, mereka mengundang federasi sepak bola Indonesia atau PSSI untuk hadir di Portugal.

“Undangan sudah dikirim ke Ketua Umum PSSI, kemarin saya sudah menemui Ketum PSSI. Dan, bulan September Ketua Umum PSSI akan ke Portugal bertemu dengan Fernando Gomes presiden federasi sepak bola Portugal,” ujarnya.

Baca juga: Ketua NOC Indonesia Puji Para Atlet dan Berterima Kasih atas Dukungan Menpora

Rudy Alfonso mengatakan, Fernando Gomes sangat senang bekerja sama dalam pengembangan sepak bola dengan Indonesia.

Sebab, Indonesia memiliki potensi yang sangat luar biasa. Gomes bahkan membandingkan jumlah penduduk Portugal yang hanya 10 juta jiwa, sedangkan Indonesia sekitar 274 juta.

“Itu adalah suatu potensi yang besar dan mereka sampaikan juga bahwa mereka saat ini sedang melatih atau membantu Timur Leste untuk meningkatkan sepak bolanya dan mereka menyampaikan bahwa dalam waktu yang tidak terlalu lama itu akan ada kejutan di sana,” kata dia.

Baca juga: Lapangan Latihan Timnas U23 Indonesia di SEA Games 2021 Buruk, Apa Tanggapan Menpora?

“Dan disampaikan untuk membantu Indonesia jauh lebih mudah daripada membantu Timur Leste, karena resource Indonesia jauh lebih besar dan bakat sepak bola Indonesia jauh lebih banyak,” ucap dia.

“Berangkat dari situasi seperti, saya sangat optimistis dan saya juga lebih optimistis lagi karena Menpora sangat mendukung upaya ini dan saya akan selalu berkordiansi untuk mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya dari keberadaan saya sebagai dubes di Portugal untuk kemajuan sepak bola kita di Tanah Air,” tuturnya mengakhiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
STAND UP COMEDY INDONESIA
Stand Up Topenk: Kalau Doraemon yang Buat Orang Indonesia, Pasti...... | SUCI Playground
Stand Up Topenk: Kalau Doraemon yang...
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.