Juara Australia Open, Ash Barty Akhiri Penantian 10 Tahun dan Ukir Sejarah

Kompas.com - 29/01/2022, 18:13 WIB

MELBOURNE, KOMPAS.com - Petenis tunggal putri nomor satu dunia, Ashleigh Barty, sukses meraih gelar juara turnamen Grand Slam Australia Open 2022.

Ash Barty dipastikan menjadi juara setelah menumbangkan wakil Amerika Serikat, Danielle Collins, pada partai final, Sabtu (29/1/2022) sore WIB.

Bertanding di Rod Lover Arena, Melbourne, Australia, Ash Barty meraih kemenangan straight game dengan skor 6-3 7-6 (6-2) dalam kurun waktu 1 jam 27 menit.

Kemenangan atas Danielle Collins membuat penantian satu dekade tahun Ash Barty untuk menjadi juara Australia Open akhirnya terhenti.

Baca juga: Lolos ke Semifinal Australia Open, Rafael Nadal Dituding Dibantu Wasit

Sebelum menjadi juara tahun ini, pencapaian terbaik Ash Barty di Australia Open sejak debut pada 2012 hanyalah semifinal yakni pada edisi 2020.

Secara keseluruhan, Australia Open 2022 menjadi gelar Grand Slam kedua dalam karier Ash Barty setelah Frenck Open 2019 dan Wimbledon 2021.

Kemenangan Ash Barty kali ini sekaligus mengakhiri penantian 43 tahun publik tenis Australia untuk melihat petenis tunggal putri mereka naik podium juara Australia Open.

Petenis tunggal putri Australia terakhir yang berhasil meraih gelar juara Australia Open adalah Christine O'Neil pada 1978.

Seusai laga, Ash Barty tidak bisa menutupi rasa kebahagiaannya karena berhasil meraih gelar Australia Open pertama dalam kariernya.

Baca juga: Australia Open 2022, Otoritas Australia Ingatkan Lagi tentang Novak Djokovic

"Terima kasih banyak semuanya. Saya juga harus mengucapkan selamat kepada Danielee. Saya tahu Anda akan berjuang lebih keras lagi pada masa depan," kata Ash Barty dikutip dari situs BBC Sports.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber BBC Sport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.