Kompas.com - 28/01/2022, 15:20 WIB
Atlet pencak silat putri Indonesia, Wita Wewey (biru) bertanding melawan pesilat asal Vietnam, Tran Thi Them (merah) pada partai final kelas B putri 50 kg sampai 55 kg Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Rabu (29/8/2018). Wita Wewey berhasil meraih emas. KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMOAtlet pencak silat putri Indonesia, Wita Wewey (biru) bertanding melawan pesilat asal Vietnam, Tran Thi Them (merah) pada partai final kelas B putri 50 kg sampai 55 kg Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Rabu (29/8/2018). Wita Wewey berhasil meraih emas.

KOMPAS.com - Salah satu teknik belaan untuk menggagalkan serangan lawan dengan tangan, kaki, dan tubuh dikenal dengan tangkisan.

Tangkisan merupakan salah satu dari tiga belaan dasar dalam pencak silat selain hindaran dan elakan.

Apa Itu Tangkisan dalam Pencak Silat?

Mengutip dari buku Pencak Silat (2015), karya Erwin Setyo Kriswantoro tangkisan adalah belaan dengan cara kontak langsung bagian anggota badan dengan serangan.

Baca juga: Lama Pertandingan Pencak Silat

Kontak langsung yang dilakukan bertujuan untuk memindahkan atau membendung serangan lawan.

Jenis Tangkisan

Sikap menangkis serangan lawan selalu disertai sikap kuda-kuda dan sikap tubuh dengan menggunakan satu lengan, dua lengan, dan siku.

Tangkisan Satu Lengan

  • Tangkisan dalam, yaitu gerakan menangkis dari luar ke dalam. Tangkisan ini untuk membendung serangan lurus khususnya pukulan dengan perkenaan pada lengan bawah bagia luar, tangan lainnya melindung dada.
  • Tangkisan luar, gerakan menangkis dari dalam ke luar. Tangkisan ini sangat cocok digunakan untuk serangan lurus, khususnya pukulan dengan perkenaan pada lengan bawah bagian dalam, tangan yang lain melindungi dada.
  • Tangkisan atas, yaitu gerakan menangkis serangan lawan yang mengarah ke kepala. Gerakan tangkisan ini teknik yang dilakukan dari bawah ke atas, tangan lainnya melindungi dada.
  • Tangkisan bawah, yaitu gerakan menangkis untuk melindungi bagian kaki dan paha. Gerakannya dengan menarik salah satu tangan dari atas ke bawah, tangan lainnya melindungi dada.

Tangkisan Dua Lengan

Baca juga: Elakan dalam Pencak Silat

  • Tangkisan dua lengan depan dada dengan telapak tangan. Gerakan menangkis yang dilakukan dengan posisi kedua tangan berada di depan dada, kedua telapak tangan saling berhadapan, dan jari-jari terbuka.
  • Tangkisan dua lengan depan dada dengan lengan bawah. Gerakan menangkis ini dilakukan dengan cara posisi kedua tangan berada di depan dada mengepal dengan kepalan menghadap dada. Optimalkan kedua lengan untuk menangkis.

Tangkisan Siku

Sesuai dengan namanya, tangkisan siku adalah gerakan menangkis serangan lawan dengan menggunakan siku.

Gerakan pertama adalah memutar badan 90 derajat baik ke salah satu arah kanan atau kiri.
Kemudian salah satu yang menghadap lawan di tekuk ke atas menutup perut. Tangan paling dekat dengan lawan berlindung di belakang kaki yang diangkat tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.