Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jenis Cedera yang Sering Dialami Pemain Sepak Bola

Kompas.com - 19/01/2022, 09:40 WIB
Kevin Topan Kristianto

Penulis


KOMPAS.com - Boleh dibilang cedera merupakan hal yang lumrah dialami pemain sepak bola.

Ya, saat menjadi pemain sepak bola tentunya harus siap jika sewaktu-waktu mengalami cedera.

Semua pemain sepak bola berisiko mengalami cedera setiap kali berlaga di lapangan hijau. Mulai dari kaki sampai kepala, tak luput dari namanya cedera.

Lantas cedera apa yang sering terjadi pada pemain sepak bola? Berikut adalah cedera yang sering dialami pemain sepak bola, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Baca juga: Mengenal Miokarditis yang Dialami Alphonso Davies

1. Sprain Injuries

Cedera yang sering jadi momok bagi pesepak bola adalah sprain injuries yang dikenal dengan cedera keseleo atau terkilir.

Sprain injuries merupakan cedera yang terjadi pada ligamen, yaitu jaringan ikat yang menghubungkan antara tulang dan sendi.

Jenis cedera satu ini dalam dunia sepak bola bisa diakibatkan oleh hantaman antar tubuh pemain yang tidak terelakkan, salah posisi lari, atau mendarat dengan posisi yang salah.

Menurut laman FIFA, sprain injuries termasuk salah satu cedera yang sering dialami pesepak bola saat merumput.

Cedera ini bisa terjadi pada sisi luar pergelangan kaki, ketika posisi telapak kaki berubah tiba-tiba ke dalam atau karena telapak kaki yang mengarah ke luar.

2. Cedera ACL

Baca juga: Sejarah Kartu Merah dan Kuning dalam Sepak Bola

Cedera ACL adalah peregangan berlebih atau bahkan robekan yang terjadi pada anterior cruciate ligaments (ACL), salah satu ligamen penahan persendian lutut.

Cedera satu ini bisa disebabkan oleh dua hal. Pertama, karena kontak langsung saat melakukan tackle.

Kedua, bergerak terlalu cepat dan mendarat dengan posisi yang salah.

Cedera ACL merupakan salah satu cedera yang menjadi momok bagi pesepak bola karena penyembuhannya bisa memakan waktu lama, setidaknya enam bulan.

3. Cedera Hamstring

Karim Benzema mengalami cedera hamstring saat membela negaranya, Prancis, melawan Armenia pada uji coba di Stadion Allianz Riviera, Kamis (8/10/2015). VALERY HACHE / AFP Karim Benzema mengalami cedera hamstring saat membela negaranya, Prancis, melawan Armenia pada uji coba di Stadion Allianz Riviera, Kamis (8/10/2015).
Hamstring merupakan cedera yang sering dialami pemain sepak bola, bahkan cedera satu ini bisa menimpa pesepak bola lebih dari satu kali.

Cedera hamstring terjadi karena otot hamstring terpelintir atau mengalami robek.

Hamstring sendiri dibagi jadi tiga kelompok otot pada paha bagian belakang. Cedera ini biasanya terjadi karena gerakan menendang yang dilakukan pemain.

Baca juga: Julukan Pesepak Bola Top Dunia: Dari Messi hingga Ronaldo

4. Cedera Kepala

Dalam permainan sepak bola, seorang pemain pasti tidak bisa lepas dari namanya menyundul bola, baik itu untuk mencetak gol atau membuang bola.

Akan tetapi, menyundul bola terkadang bisa berakibat fatal karena bisa saja terjadi kecelakan seperti benturan sesama pemain, tiang gawang, tanah, ataupun bola sehingga menyebabkan cedera kepala.

Akibatnya, cedera ini bisa menyebabkan gegar otak, cedera pada mata, ataupun keretakan tulang tengkorak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com