Kompas.com - 03/12/2021, 18:20 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl pada semi final putaran pertama AFF Suzuki Cup 2016 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2016). Indonesia memang atas Vietnam dengan skor 2-1. KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGPelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl pada semi final putaran pertama AFF Suzuki Cup 2016 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2016). Indonesia memang atas Vietnam dengan skor 2-1.

KOMPAS.com - Bagi masyarakat Tanah Air yang turut menjadi saksi timnas Piala AFF 2010, tentu tak bakal asing dengan nama pelatih Alfred Riedl.

Nama Alfred Riedl sulit untuk dilupakan dari peredaran dunia sepak bola Indonesia karena jejak prestasinya.

Meski belum pernah memberikan gelar, tetapi Alfred Riedl mampu membuat suporter Tanah Air cinta kepada timnas Indonesia.

Kini, Alfred Riedl telah tiada. Dia meninggal dunia pada 8 September 2020 di usianya 70 tahun karena penyakit jantung.

Baca juga: Jadwal Laga Perdana Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Pelatih asal Austria itu menangani skuad Garuda di Piala AFF tahun 2010, 2014, dan 2016.

Gelar juara memang tak pernah dia raih. Namun, Riedl menjadi satu-satunya pelatih yang mampu mengantarkan timnas ke babak final dua kali, yakni pada Piala AFF 2010 dan 2016.

Momen Piala AFF 2010

Momen paling menghebohkan sekaligus menyesakkan timnas Indonesia di bawah Alfred Riedl tercipta pada ajang Piala AFF 2010.

Kala itu, pemain maupun suporter Garuda gegap gempita. Untuk kali pertama timnas Indonesia memakai jasa naturalisasi, yaitu Cristian Gonzales.

Baca juga: Tiket Piala AFF 2020 Lebih Murah, namun...

Selain itu, hadirnya Irfan Bachdim di timnas Indonesia juga memberikan warna baru tentang pemain keturunan.

Mantan bek timnas Indonesia di Piala AFF 2010, Hamka Hamzah, menuturkan betapa akurnya skuad karena tidak memandang dari latar belakang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.