Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WSBK Mandalika: Sejarah Membuktikan, Sirkuit Debutan Kerap Hadirkan Drama!

Kompas.com - 17/11/2021, 21:40 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Sirkuit Mandalika siap menjadi tuan rumah seri terakhir Kejuaraan Dunia WSBK 2021 pada 19-21 November 2021. Balapan di sirkuit sepanjang 4,3 kilometer tersebut akan menjadi saksi penentuan gelar juara dunia musim WSBK 2021.

Pebalap Pata Yamaha Toprak Razgatlioglu di ambang mematahkan dominasi pebalap Kawasaki Jonathan Rea, sang juara WSBK selama enam musim terakhir.

Razgatlioglu sekarang mengoleksi 531 poin di puncak Kejuaraan Dunia WSBK 2021, mengungguli Jonathan Rea dengan tiga balapan tersisa di Sirkuit Mandalika.

Balapan di sirkuit yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat, tersebut diyakini akan menghadirkan banyak drama dan hiburan bagi para pencinta WSBK.

Balapan di Sirkuit Mandalika yang bernama resmi Pertamina Mandalika INternational Street Circuit tersebut adalah venue baru ketiga WSBK sepanjang musim 2021.

Baca juga: Jadwal Lengkap WSBK Mandalika, 2 Race IATC Nyelip pada Hari Pertama dan Kedua

Dua venue yang menjadi debutan pada musim ini sebelumnya adalah Autodrom Most di Republik Ceko dan Sirkuit Navarra di Spanyol yang berlangsung sepanjang Agustus.

Situs resmi WSBK mengingatkan para penggemar balap bahwa balapan di sirkuit debutan acapkali menghadirkan drama.

Hal ini terlihat pada Race 1 di Republik Ceko ketika trek baru tersebut mengubah kompleksitas di Kejuaraan Dunia.

Ketika itu, Toprak Razgatlioglu berduel luar biasa pada lap dan tikungan terakhir dengan Scott Redding.

Toprak Razgatlioglu (Yamaha) mengungguli Jonathan Rea (Kawasaki) dan Scott Redding (Ducati) pada balapan Superpole di Autodrom Most, Republik Ceko, pada Kejuaraan DUnia WSBK 2021.WSBK/Jairo Diaz Reina Toprak Razgatlioglu (Yamaha) mengungguli Jonathan Rea (Kawasaki) dan Scott Redding (Ducati) pada balapan Superpole di Autodrom Most, Republik Ceko, pada Kejuaraan DUnia WSBK 2021.

Hasil itu memangkas keunggulan Rea di puncak menjadi hanya tiga poin setelah akhir pekan balapan usai karena ia jatuh dua kali pada Race 1 dan finish ketiga di dua balapan lain.

Sementara, di Navarra, ketiga sosok yang berada di puncak Kejuaraan Dunia berduel seru dan dramatis sepanjang akhir pekan.

Redding menang dua kali sepanjang akhir pekan dengan Razgatlioglu sekali menang dan Jonathan Rea keluar dari akhir pekan di Spanyol tersebut tanpa kemenangan.

Balapan debut lain yang patut dikenang adalah akhir musim 2020 ketika WSBK kembali ke Sirkuit Estoril di Portugal pada laga terakhir musim.

Ketika itu, Rea dan rival utamanya Scott Redding terjatuh di Superpole. Rea baru memastikan gelar juara pada Race 1 setelah Redding harus pensiun dini.

Pada awal 2020, balapan perdana di Barcelona-Catalunya menghadirkan duel Race 2 yang luar biasa dengan Chaz Davies mendapatkan kemenangna pertama musim dan Garrett Gerloff ke podium perdananya.

Baca juga: 3 Sukses Penyelenggaraan WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com