Kompas.com - 08/11/2021, 15:00 WIB
Pemain Persib Bandung Marc Klok saat pekan 2  Liga 1 2021-2022 melawan Persita Tangerang yang berakhir dengan skor 1-2 di Stadion Wibawa Mukti Bekasi, Sabtu (11/9/2021) malam. KOMPAS.com/Suci RahayuPemain Persib Bandung Marc Klok saat pekan 2 Liga 1 2021-2022 melawan Persita Tangerang yang berakhir dengan skor 1-2 di Stadion Wibawa Mukti Bekasi, Sabtu (11/9/2021) malam.

KOMPAS.com - Ada alasan mengapa Marc Klok belum bisa bela timnas Indonesia meski sejatinya sudah resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Marck Klok sudah menjadi WNI sejak November 2020 lalu. Kendati demikian, nyatanya Marc Klok hingga sekarang belum bisa membela timnas Indonesia besutan pelatih Shin Tae-yong.

Gelandang kelahiran 20 April 1993 tersebut sempat dipanggil ke timnas Indonesia untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G pada Mei 2021 lalu.

Namun saat itu, Marc Klok memutuskan mundur karena harus menemani sang istri melahirkan.

Baca juga: Daftar Pelatih Timnas Indonesia sejak 1998, Ganti Setahun Sekali

Sejak saat itu, pemain yang kini berseragam Persib Bandung ini tidak lagi dipanggil ke timnas Indonesia.

Pemain Persija Jakarta, Marc Klok, berpose di bawah lambang pancasila usai resmi jadi WNI, Kamis (12/11/2020).Muhammad Alif Aziz Mardiansyah/BolaSport.com Pemain Persija Jakarta, Marc Klok, berpose di bawah lambang pancasila usai resmi jadi WNI, Kamis (12/11/2020).

Lalu, mengapa Marc Klok belum bisa bela timnas Indonesia?

Dilansir dari laman BolaSport.com, alasan Marc Klok belum bisa bela timnas Indonesia karena administrasinya masih bermasalah sehingga belum diizinkan FIFA untuk membela timnas Indonesia.

Ya, Marc Klok terkendala tidak bisa menunjukan dokumen yang menyebutkan dirinya merupakan keturunan Indonesia.

Baca juga: Profil Evan Dimas, Pemain Langganan Timnas Indonesia

Sebelumnya, Marc Klok sempat berbicara bahwa ia mempunyai darah Indonesia dari kakek buyutnya bernama Jan Ernst Karel yang diketahui lahir di Makassar, Sulawesi Selatan.

Namun ternyata dokumen untuk memastikan itu tidak ada sehingga ia sampai sekarang belum bisa membela timnas Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.