Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dusan Vlahovic, Penerus Klan Bomber Tajam Fiorentina

Kompas.com - 01/11/2021, 08:00 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

Sumber Squawka

KOMPAS.com - Fiorentina dikenal sebagai klub yang kerap memunculkan sosok striker pencetak gol ulung seperti Gabriel Batistuta, Alberto Gilardino, dan Luca Toni. Kini, klan bomber tajam I Gigliati diteruskan oleh Dusan Vlahovic.

Dusan Vlahovic menjadi bintang kemenangan Fiorentina atas Spezia pada pertandingan pekan ke-11 kompetisi teratas Liga Italia, Serie A.

Laga Fiorentina vs Spezia yang digelar di Stadion Artemio Franchi, Minggu (31/10/2021) malam WIB, berakhir dengan kemenangan 3-0 bagi tim tuan rumah.

Tiga gol I Gigliati diborong oleh ujung tombak asal Serbia, Dusan Vlahovic. Penyerang berusia 21 tahun itu tiga kali menjebol gawang Spezia masing-masing pada menit ke-44 (penalti), 62, dan 74.

Mengutip statistik Squawka, koleksi hat-trick Vlahovic di Serie A (2) kini menyamai catatan milik dua penyerang top Zlatan Ibrahimovic dan Cristiano Ronaldo serta para striker legendaris macam Andriy Shevchenko dan Francesco Totti.

Baca juga: Profil Joaquin Correa, Satu Lagi Penyerang Tajam Argentina di Inter Milan

Bagi Vlahovic, tambahan tiga gol kontra Spezia membuatnya menembus papan atas daftar top skor sementara Serie A 2021-2022.

Koleksi gol Vlahovic (8) sama dengan Giovanni Simeone (Hellas Verona) dan hanya terpaut satu gol dari sang pemuncak, Ciro Immobile (Lazio).

Gelontoran gol Dusan Vlahovic turut membantu Fiorentina stabil menghuni papan tengah klasemen Liga Italia 2021-2022.

Saat ini, skuad besutan Vincenzo Italiano itu menempati peringkat ketujuh berbekal 18 poin dari 11 pertandingan.

Perjalanan karier Dusan Vlahovic

Lahir di Belgrade pada 28 Januari 2000, Vlahovic memulai karier sepak bola profesionalnya bersama klub kota kelahirannya, Partizan Belgrade.

Ia mampu menembus tim utama Partizan pada musim 2015-2016. Namun, awal karier pemain berpostur 190 cm itu tak berjalan mulus.

Baca juga: Skuad Fiorentina 2021-2022

Dua musim menghuni skuad utama Partizan Belgrade, Dusan Vlahovic tak banyak mendapatkan kesempatan dan cuma bisa menjaringkan satu gol dari 21 penampilan liga.

Meski begitu, Fiorentina rupanya bisa mencium potensi besar yang ada dalam diri Vlahovic. Pada Juni 2017, sang pemain menyepakati pra-kontrak berdurasi lima tahun dengan Fiorentina.

Ketika itu, kubu Fiorentina cuma mengeluarkan dana sebesar 1,95 juta euro atau sekitar Rp 32 miliar untuk mendapatkan Vlahovic.

Akan tetapi, transfer Vlahovic baru bisa diresmikan pada 28 Januari 2018, tepat pada hari ulang tahunnya yang ke-18.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com