Indonesia Terancam Tak Bisa Jadi Host Event Olahraga Internasional, Ini Penjelasan Ketum KOI

Kompas.com - 18/10/2021, 14:26 WIB
Raja Sapta Oktohari, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia dan Ketua Umum PB ISSI, saat berbicara di webinar Sport Integrity National Conference pada Jumat (20/11/2020). UNIVERSITAS NEGERI JAKARTARaja Sapta Oktohari, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia dan Ketua Umum PB ISSI, saat berbicara di webinar Sport Integrity National Conference pada Jumat (20/11/2020).

KOMPAS.com - Status beberapa event olahraga internasional yang akan diselenggarakan di Indonesia pada akhir 2021 hingga tahun depan kini menjadi pertanyaan.

Hal itu tidak lepas dari sanksi yang dijatuhkan World Anti-Doping Agency (WADA) kepada Lembaga Antidoping Indonesia (LADI).

WADA menjatuhkan sanksi karena Indonesia (melalui LADI) dianggap tidak mematuhi prosedur antidoping dalam hal ini adalah test doping plan (TDP) tahunan.

Akibat pelanggaran tersebut, Indonesia harus menerima beberapa hukuman selama masa penangguhan (satu tahun dan bisa diperpanjang).

Pertama, Indonesia dilarang menjadi tuan rumah kejuaraan regional, kontinental, atau internasional.

Baca juga: Sesal Merah Putih Tak Berkibar karena Sanksi WADA, Salut Indonesia Fokus Juara Piala Thomas

Kedua, Indonesia dilarang mengibarkan bendera Merah Putih di berbagai kejuaraan, kecuali Olimpiade dan Paralimpiade.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Implementasi hukuman kedua itu tampak ketika tim beregu putra bulu tangkis Indonesia naik podium juara Piala Thomas 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, pada Minggu (17/10/2021) malam WIB.

Upacara kemenangan tim beregu putra Indonesia saat itu tidak sempurna karena bendera Merah Putih tidak bisa dikibarkan.

Terkait hukuman pertama, status beberapa event internasional yang akan diselenggarakan di Indonesia kini masih menjadi pertanyaan.

Beberapa event internasional yang akan diselenggarakan di Indonesia selama masa penangguhan akibat sanksi dari WADA adalah:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.