Kompas.com - 15/10/2021, 13:20 WIB
Emilia Nova, Atlet Lari Gawang 100 meter putri saat berlatih di pelatnas atletik Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (18/10/2019). Medali Emas menjadi target utama salah satu atlet yang menjadi andalan Indonesia pada nomor ini. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGEmilia Nova, Atlet Lari Gawang 100 meter putri saat berlatih di pelatnas atletik Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (18/10/2019). Medali Emas menjadi target utama salah satu atlet yang menjadi andalan Indonesia pada nomor ini.

KOMPAS.com - Lari gawang merupakan salah satu nomor lari yang unik dalam cabang olahraga atletik.

Pasalnya, nomor lari satu ini dilombakan dengan menggunakan gawang sehingga tingkat kompetisi semakin tinggi.

Lari gawang disebut juga dengan hurdles adalah lari cepat yang dilakukan untuk menempuh suatu jarak tertentu dengan melompati gawang-gawang yang tingginya telah diatur dalam peraturan perlombaan.

Oleh karena itu, tidak semua pelari mampu menjadi atlet lari gawang, karena nomor lari satu ini membutuhkan teknik yang tinggi.

Baca juga: Teknik Dasar Lari Gawang

Mengutip dari buku Dasar-dasar Atletik karya Yahya Eko Nopiyanto, S.Pd, M.Pd dan Septian Raibowo, S.Pd, M.Pd, seorang pelari gawang harus memiliki kelenturan yang baik pada persendian panggul dan ruas-ruas tulang belakang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sama seperti nomor lari pada cabang olahraga atletik lainnya, lari gawang juga memiliki nomor-nomor lari tersendiri.

Nomor Lari Gawang

Baca juga: Sejarah Lari Gawang

Atlet Indonesia Nova Emilia (no.357) melintasi rintangan saat final lari gawang 100 meter putri Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (26/8/2018). Nova mencapai finish ke-2 dengan meraih medali perak.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Atlet Indonesia Nova Emilia (no.357) melintasi rintangan saat final lari gawang 100 meter putri Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (26/8/2018). Nova mencapai finish ke-2 dengan meraih medali perak.

Nomor lari gawang yang diperlombakan untuk putra dan putri adalah nomor 100 meter (untuk putri), 110 meter (putra), dan 400 meter (putra dan putri).

Perlombaan lari gawang memiliki tambahan objek khusus berupa gawang (hurdle) yang diawali pada jarak 13-13,72 meter dari garis start dan selanjutnya berjarak 8,5 hingga 9,14 meter antar gawang.

Kemudian pada nomor lari gawang 400 meter, letak gawang pertama berada pada jarak 45 meter dari garis start sementara jarak antar gawang berikutnya adalah 35 meter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.