Fungsi dan Tujuan Perbasi sebagai Induk Organisasi Bola Basket Nasional

Kompas.com - 06/10/2021, 16:00 WIB
Tim Satria Muda Pertamina Jakarta merayakan ajang final Indonesian Basketball League 2021 di Britama Arena, Jakarta, Minggu (6/6/2021). Satria Muda berhasil menjadi juara Indonesian Basketball League (IBL) 2021 setelah mengalahkan Pelita Jaya dengan skor 68-60. Indonesian Basketball LeagueTim Satria Muda Pertamina Jakarta merayakan ajang final Indonesian Basketball League 2021 di Britama Arena, Jakarta, Minggu (6/6/2021). Satria Muda berhasil menjadi juara Indonesian Basketball League (IBL) 2021 setelah mengalahkan Pelita Jaya dengan skor 68-60.

KOMPAS.com - Permainan bola basket bukanlah olahraga asal Indonesia, melainkan Amerika Serikat. Pencipta permainan bola basket adalah James Naismith pada 1891.

Dia adalah seorang guru olahraga di Sekolah Pelatihan Internasional YMCA di Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat sekaligus direktur pendidikan jasmani Kanada-Amerika.

Seiring perkembangannya, bola basket menyebar ke seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia.

Melansir laman resmi Perbasi, pada tahun 1920-an, gelombang perantau-perantau dari Tiongkok masuk ke Indonesia.

Baca juga: Teknik Mengoper Jarak Jauh dalam Bola Basket

Kemudian pada 23 Oktober 1952, didirikanlah induk organisasi bola basket nasional, yakni Perbasi (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia).

Lalu, apa tugas, fungsi, dan tujuan adanya Perbasi sebagai induk organisasi bola basket nasional?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut adalah fungsi, tugas, dan tujuan Perbasi berdasarkan AD-ART (Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga) induk organisasi bola basket nasional:

Status dan Sifat (Pasal 4)

  1. Perbasi adalah satu-satunya badan/wadah kegiatan bola basket nasional yang memiliki wewenang dalam mengkoordinasikan dan membina segala kegiatan bola basket di seluruh wilayah hukum Republik Indonesia.
  2. Perbasi merupakan mitra pemerintah dalam pembinaan dan pengembangan kegiatan bola basket
  3. Perbasi adalah organisasi non-pemerintah dan merupakan sebuah induk organisasi yang beranggotakan perkumpulan-perkumpulan bola basket sebagaimana diatur dalam Pasal 8 Anggaran Dasar ini.


Baca juga: Sejarah Perbasi, Induk Olahraga Bola Basket Indonesia

Tujuan Perbasi (Pasal 5)

  1. Mengkoordinasikan, membina setiap bentuk kegiatan bola basket di seluruh wilayah hukum Republik Indonesia dalam rangka membangkitkan dan mengembangkan rasa cinta pada tanah air (nasionalisme)
  2. Melalui kegiatan bola basket secara tidak langsung membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang sehat-kuat jasmani maupun rohani, ulet, tangkas, dan cerdas agar mampu berpartisipasi serta berkarya di dalam pembangunan nasional
  3. Membina dan mengusahakan agar atlit dan pelaku olahraga bola basket mampu berprestasi secara berjenjang di tingkat daerah/wilayah/nasional/internasional.
  4. Memupuk serta membina persahabatan dan persaudaraan antar bangsa melalui kegiatan bola basket yang diwujudkan dengan mengadakan hubungan dan menjadi anggota dari organisasi bola basket internasional antara lain melalui partisipasi dalam pertandingan/kompetisi bola basket antar negara.
  5. Memupuk keahlian maupun keterampilan untuk membuat alat-alat perlengkapan olahraga bola basket.

Baca juga: Gerak Lokomotor, Non-lokomotor, dan Manipulatif dalam Bola Basket

Hubungan Dalam dan Luar Negeri (Pasal 6)

  1. Perbasi dalam kedudukannya sebagai satu-satunya induk organisasi bola basket di Indonesia adalah anggota dari Komite olahraga Nasional Indonesia (KONI).
  2. Perbasi dalam kedudukannya sebagai satu-satunya induk organisasi bola basket di Indonesia (National Authority/ Basketball Association) adalah anggota dari Federation International Basketball Association (FIBA) dan dengan demikian merupakan satu-satunya organisasi bola basket di Indonesia yang berhubungan dengan organisasi-organisasi bola basket internasional yang berada di dalam naungan FIBA dan organisasi-organisasi bola basket di luar naungan FIBA yang memiliki hubungan diplomatik dengan Republik Indonesia.

Kewajiban dan Usaha (Pasal 7)

Perbasi berkewajiban dan berupaya mencapai tujuan tujuannya sebagaimana diatur dalam pasal 5 dengan cara:

Baca juga: Ciri Passing Dada dalam Bola Basket

  1. Meroncanakan pembinaan dan peningkatan prestasi bola basket secara bertahap.
  2. Membina dan mengarahkan perkembangan organisasi bola basket di Indonesia serta mengupayakan terbentuknya organisasi bola basket secara merata keseluruh Tanah Air.
  3. Mengawasi serta membimbing pelaksanaan peraturan-peraturan pertandingan bola basket sesuai dengan peraturan-peraturan pertandingan bola basket yang ditetapkan oleh FIBA.
  4. Mengadakan hubungan dengan badan/organisasi bola basket dalam skala internasional.
  5. Menyelenggarakan atau berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan bola basket dalam skala internasional.
  6. Membantu pemerintah dalam merencanakan kebijakan umum di bidang kegiatan bola basket.
  7. Melakukan kegiatan-kegiatan lain yang sah dan tidak bertentangan dengan tujuan Perbasi.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.