Kompas.com - 22/03/2021, 13:45 WIB

KOMPAS.com - Bola basket merupakan salah satu cabang olahraga populer di Tanah Air. Adapun, induk organisasi bola basket Indonesia adalah Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia, disingkat Perbasi.

Sebagai induk olahraga bola basket Tanah Air, Perbasi terafiliasi ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Federasi Bola Basket Asia (FIBA Asia), serta Federasi Bola Basket Internasional (FIBA).

Sejarah bola basket di Indonesia

Sejarah berdirinya Perbasi tak lepas dari masuknya olahraga bola basket ke Indonesia.

Dikutip dari laman Perbasi, penyebaran bola basket dari Amerika Serikat ke negara-negara Asia Timur ikut berperan dalam masuknya olahraga tersebut ke Tanah Air.

Pada 1920-an, para perantau dari China masuk ke Indonesia dengan membawa permainan bola basket yang sudah dua dasawarsa dikembangkan di negara asal mereka.

Para perantau tersebut kemudian membentuk komunitas sendiri termasuk mendirikan sekolah sehingga bola basket secara cepat berkembang di sekolah komunitas yang mereka dirikan.

Baca juga: Sejarah FIBA, Induk Olahraga Bola Basket Dunia

Di sekolah-sekolah itulah permainan bola basket menjadi salah satu olahraga wajib yang harus dimainkan semua siswa. Jadi, tidak heran di sekolah-sekolah tersebut selalu ada lapangan basket.

Memasuki era 1930-an, perkumpulan-perkumpulan basket mulai terbentuk di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, serta Medan.

Di Semarang misalnya, pada 1930 ada perkumpulan seperti Chinese English School, Tionghwa Hwee, Fe Leon Ti Yu Hui, dan Pheng Yu Hui (Sahabat). Sahabat adalah klub asal Sony Hendrawan (Liem Tjien Sion), salah satu legenda basket Indonesia.

Sejarah Berdirinya Perbasi

Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama tahun 1948 di Surakarta (Solo), cabang olahraga bola basket untuk pertama kali dipertandingkan di level nasional.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Perbasi
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.