BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Mobile Game Indonesia Menjanjikan, Ini 5 Tips Memulai Karier sebagai Atlet E-Sport

Kompas.com - 09/08/2021, 19:34 WIB
Ilustrasi orang sedang memainkan mobile game. Dok. Oppo. Ilustrasi orang sedang memainkan mobile game.

KOMPAS.com – Dalam beberapa tahun belakangan, popularitas mobile game kian meningkat di Indonesia. Hal tersebut ditunjukkan dengan kehadiran komunitas dan tim e-sport, serta kompetisi mobile game.

Popularitas tersebut turut mendongkrak industri game di Indonesia. Berdasarkan laporan laman Newzoo, Indonesia memperoleh pendapatan sebesar 1,74 miliar dollar Amerika Serikat (AS) dari industri game pada 2020. Pendapatan ini berpotensi mengalami kenaikan hingga 32,7 persen setiap tahun.

Selain potensi ekonomi, popularitas mobile game juga memunculkan profesi baru, salah satunya atlet e-sport. Profesi ini bahkan menjadi idaman bagi kalangan Generasi Z.

Hal tersebut bukan tanpa alasan. Menurut Presiden Indonesia E-sports Premier League (IEPL) Giring Ganesha Djumaryo, para pemain e-sport profesional bisa mendapatkan bayaran di atas Rp 20 juta setiap bulan. Pemain dengan jam terbang tinggi di turnamen internasional bahkan bisa mendapatkan gaji Rp 70-100 juta per bulan.

Lalu, bagaimana langkah awal untuk menjadi atlet e-sport profesional? Berikut cara yang bisa kamu coba.

1. Fokus pada satu game

Atlet e-sport profesional biasanya memainkan lebih dari satu game. Namun, dari berbagai game tersebut, biasanya ada satu yang sangat dikuasai oleh atlet pro.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, kamu sebaiknya fokus meningkatkan kemampuan pada satu jenis game. Pilih game yang paling kamu kuasai sehingga bisa lebih mudah dalam meningkatkan skill.

2. Rajin berlatih dan meningkatkan ranking

Setelah menemukan pilihan game, mulailah rutin berlatih. Kamu bisa berlatih dengan mengeksplorasi berbagai hal yang tersedia pada game tersebut, mulai dari meningkatkan level, mempelajari strategi, hingga mempelajari trik permainan lawan.

Kemudian, perhatikan ranking atau peringkat pada game yang kamu mainkan. Untuk diketahui, sebagian besar mobile game saat ini merupakan game online. Game-game tersebut menampilkan peringkat dari semua pemain di dunia.

Sistem peringkat itu berguna untuk membandingkan kemampuanmu dan para gamer lainnya. Usahakan untuk selalu meningkatkan ranking. Sebab, semakin tinggi peringkat, kamu akan punya kesempatan bermain dengan pemain yang lebih terampil.

Bahkan, kamu bisa saja bertanding dengan atlet e-sport profesional. Dengan begitu, kamu bisa mempelajari teknik bermain mereka.

3. Ikut grup atau komunitas mobile game

Langkah berikutnya adalah mengikuti grup atau komunitas dari mobile game yang kamu tekuni. Hal ini penting untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai karakter dan item baru, turnamen, tips dan trik, hingga pencarian bakat yang tengah berlangsung. Selain itu, dengan tergabung di komunitas, kamu akan memperoleh update terbaru permainan dan teman baru atau networking.

Ilustrasi sekelompok orang yang sedang memainkan mobile game. DOK. Oppo. Ilustrasi sekelompok orang yang sedang memainkan mobile game.

Keikutsertaan dalam komunitas juga membuka kesempatan untuk membentuk tim kecil. Dari tim ini, kamu bisa berlatih tanding bersama. Kemudian, kamu bisa pula ikut kompetisi dengan tim tersebut.

4. Sering ikut kompetisi

Bila sudah memiliki pengalaman dan ranking yang cukup tinggi, kamu bisa mulai mengikuti turnamen. Tujuannya, untuk mengadu kemampuan kamu dengan lawan yang lebih tangguh sekaligus melatih mental bertanding di pertandingan resmi.

Sama seperti olahraga pada umumnya, bertanding di kompetisi e-sport memiliki tekanan berbeda dibandingkan bermain game seperti biasa. Kamu bisa saja merasa gugup dan tertekan. Terlebih, bila kompetisi ditonton banyak orang.

Oleh karena itu, rutinlah mengikuti kompetisi. Kamu bisa memulai dari kompetisi lokal terlebih dahulu. Bila berhasil menjuarai, ikuti kompetisi pada jenjang berikutnya, seperti regional dan nasional.

Selain mental bertanding meningkat, rutin mengikuti kompetisi juga membuka kesempatanmu untuk dilirik tim e-sport profesional atau sponsor. Biasanya, mereka memiliki talent scout guna mencari bakat pemain amatir melalui turnamen, selain dari rekomendasi pemain profesional.

Oleh karena itu, kamu harus memaksimalkan setiap kesempatan saat bermain, khususnya saat turnamen atau event yang melibatkan klub e-sport.

Oppo sebagai sponsor utama Bigetron Esports turut mencari bibit atlet e-sport di tanah airDOK. Oppo. Oppo sebagai sponsor utama Bigetron Esports turut mencari bibit atlet e-sport di tanah air

Salah satu tim e-sport profesional yang kerap mencari bibit atlet e-sport adalah Bigetron. Sebagai informasi, Bigetron merupakan salah satu dari “Top 3 E-sports di Indonesia” yang telah beberapa kali memenangkan kompetisi tingkat global.

Bigetron memiliki tim profesional untuk masing-masing top game di Indonesia, seperti Mobile Legends: Bang Bang, PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG), dan Freefire yang sangat populer di kalangan penggemar e-sport di Indonesia.

Sebagai informasi, Oppo menjadi sponsor utama dari tim Bigetron Esports. Keduanya memiliki tujuan yang sama untuk menghasilkan atlet dan mengembangkan ekosistem e-sport di Indonesia.

Oppo berharap, kerja sama ini dapat melahirkan atlet e-sport yang mampu bersaing di turnamen berskala nasional dan internasional.

5. Melengkapi diri dengan gadget gaming

Terdapat banyak faktor yang menentukan kemenangan dalam permainan e-sport, terlebih di dalam level profesional. Selain pengalaman dan skill yang mumpuni, keandalan perangkat juga bisa menjadi faktor kunci yang menentukan.

Tanpa ponsel mumpuni, kamu bisa mendapatkan gangguan berupa game tersendat atau lagging. Bahkan, pada kasus terburuk, ponsel dapat me-restart sendiri.

Gangguan juga bisa muncul dari notifikasi pesan atau aplikasi. Hal ini bisa mengganggu fokus gamer, terlebih bila sedang mengikuti turnamen.

Oleh karena itu, dibutuhkan perangkat yang memiliki fitur khusus gaming dan spesifikasi mumpuni untuk menjadi atlet e-sport profesional. Salah satu smartphone yang memenuhi syarat itu adalah Oppo Reno6.

Oppo Reno6 memiliki fitur dan spesifikasi mumpuni untuk memainkan mobile game.DOK. Oppo. Oppo Reno6 memiliki fitur dan spesifikasi mumpuni untuk memainkan mobile game.

Smartphone teranyar Oppo tersebut memiliki fitur Game Focus Mode yang membuat gamer bisa bermain mobile game tanpa gangguan. Pasalnya, fitur ini akan mengurangi hingga memblokir notifikasi yang mengganggu, sehingga gamer bisa tetap fokus bermain game dan memenangkan permainan.

Tak hanya itu, Oppo Reno6 juga dilengkapi fitur Quick Startup!. Fitur ini membuat smartphone secara cerdas mengidentifikasi game favorit dan membuatnya tetap aktif pada background process setelah kamu selesai memainkannya.

Dengan demikian, ketika kamu hendak memainkannya kembali, Oppo Reno6 akan membuat jalan pintas untuk langsung berada pada halaman beranda game dengan satu kali klik, tanpa melewati proses loading yang lama.

Selain itu, Oppo Reno6 dilengkapi spesifikasi mumpuni. Smartphone ini mampu menampilkan grafik game secara mulus berkat layar dengan kecepatan refresh 90 hertz (Hz). Hal ini membuat Oppo Reno6 lebih unggul dibanding rata-rata smartphone lain yang hanya memiliki kecepatan refresh layar sebesar 60 (Hz).

Dengan teknologi itu, Oppo Reno6 mampu menampilkan game PUBG Mobile atau Call of Duty: Mobile secara mulus.

Kemudian, dapur pacu ponsel tersebut juga menunjang untuk aktivitas gaming. Oppo Reno6 dibekali chipset Snapdragon 720G yang dipadukan RAM sebesar 8 GB dan masih bisa diperluas lagi dengan RAM Expansion hingga 5 GB virtual RAM, serta kapasitas penyimpanan sebesar 128 GB. Spesifikasi tersebut membuat aktivitas gaming kamu mulus tanpa lagging.

Selain itu, terdapat pula fitur Hyperboost 4.0. Fitur ini mampu menyeimbangkan konsumsi daya dan suhu pada smartphone.

Hyperboost 4.0 secara cerdas mempertahankan kinerja ponsel dan frame rate layar sehingga mampu menampilkan game dengan lancar dan tampilan halus.

Tak ketinggalan, OPPO menyematkan baterai berkapasitas 4.310 miliampere hour (mAh) pada Oppo Reno6 untuk menunjang kegiatan bermain game dan aktivitas harian.

Untuk mempercepat isi ulang baterai, Oppo Reno6 dilengkapi fitur 50 watt (W) Flash Charge. Pengisian daya dari posisi kosong hingga penuh hanya membutuhkan waktu 45 menit.

Yuk, berlatih menjadi atlet e-sport menggunakan ponsel Oppo Reno6. Keunggulan fitur canggih dan performa gaming ponsel itu bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 5.199.000.

Selain itu, terdapat penawaran menarik yang bisa kamu nikmati, yakni cicilan 0 persen dan cashback Rp 100.000 untuk pembelian special bundling Oppo Reno6 dengan Oppo Enco Air atau Oppo Enco Buds.

Kamu bisa mendapatkan Oppo Reno6 di seluruh jaringan Oppo Store di Indonesia dan e-commerce kesayanganmu. Untuk informasi lebih lengkap seputar Oppo Reno6, Anda bisa mengunjungi laman dan media sosial Oppo Indonesia.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.