KOI Sebut Indonesia Masih Punya Peluang Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Kompas.com - 09/08/2021, 18:00 WIB
Parade kembang api menyemarakkan upacara penutupan Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Olimpiade Tokyo, Jepang, Minggu (8/8/2021). Pesta olahraga multicabang tingkat dunia ini resmi berakhir seusai upacara penutupan. Sebanyak 46 cabang olahraga dilombakan dalam gelaran olahraga terbesar se-jagat ini. AFP/CHARLY TRIBALLEAUParade kembang api menyemarakkan upacara penutupan Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Olimpiade Tokyo, Jepang, Minggu (8/8/2021). Pesta olahraga multicabang tingkat dunia ini resmi berakhir seusai upacara penutupan. Sebanyak 46 cabang olahraga dilombakan dalam gelaran olahraga terbesar se-jagat ini.

KOMPAS.com - Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, menyebutkan Jakarta masih punya peluang menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade 2032 sejatinya sudah jatuh ke Brisbane pada 21 Juli lalu.

Brisbane menjadi pemenang dalam pemungutan suara yang dilakukan oleh IOC (Komite Olimpiade Internasional) Session.

Sebanyak 72 suara mendukung pemilihan Brisbane jadi tuan rumah Olimpiade 2032, tiga abstain, dan lima menentang.

Kepastian ini pun sekaligus mengubur ambisi Jakarta untuk menjadi tuan rumah.

Sebelumnya, Jakarta juga berambisi menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Korea Selatan-Korea Utara, Australia, India, hingga Qatar pun menunjukkan ketertarikan untuk menjadi penyelenggara pesta olahraga multicabang terbesar di dunia itu.

Baca juga: Brisbane Resmi Tuan Rumah Olimpiade 2032, Ambisi Indonesia Harus Dikubur

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemerintah Indonesia secara terbuka menyatakan tertarik menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 setelah sukses menyelenggarakan Asian Games dan Asian Paragames 2018.

Keseriusan ditunjukkan Indonesia dengan mendaftarkan diri melalui surat langsung dari Presiden Joko Widodo kepada IOC pada Februari 2019.

Per awal Juni 2021, Jakarta masih punya ambisi untuk mengejar Brisbane dengan tiga modal kuat yang ditawarkan, yakni sustainability (keberlanjutan), legacy (warisan), dan dukungan masyarakat.

Sayangnya, Jakarta belum terpilih sehingga Brisbane menjadi tuan rumah untuk Olimpiade 2032.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.