Kompas.com - 31/07/2021, 22:00 WIB
Jerome Boateng mencoba menyundul bola dalam pertandingan Bayern Muenchen vs Werder Bremen pada pekan kedelapan Bundesliga Jerman yang digelar di Stadion Allianz Arena, Sabtu (21/11/2020) malam WIB. AFP/POOL/LUKAS BARTHJerome Boateng mencoba menyundul bola dalam pertandingan Bayern Muenchen vs Werder Bremen pada pekan kedelapan Bundesliga Jerman yang digelar di Stadion Allianz Arena, Sabtu (21/11/2020) malam WIB.


KOMPAS.com - Menyundul bola merupakan salah satu dari teknik dasar dalam permainan sepak bola.

Gerakan menyundul bola dengan kepala dilakukan pemain untuk menggapai bola di udara dengan ketinggian yang tidak bisa digapai dengan kaki.

Teknik menyundul bola membutuhkan kemampuan pemain untuk mengukur posisi badan serta waktu yang pas untuk melompat dari titik tolak di lapangan.

Tujuan menyundul bola dalam permainan sepak bola adalah untuk mengumpan, mencetak gol, dan untuk mematahkan serangan lawan atau membuang bola.

Baca juga: Siapakah Pemain Pengatur Serangan dalam Sepak Bola?

Kemampuan untuk menyundul bola secara baik umumnya dimiliki pemain dengan postur tubuh tinggi, yang unggul dalam hal tinggi lompatan di udara.

Dikutip dari buku Olahraga Paling Lengkap (2016) karya Sukma Aji, ada empat macam teknik menyundul bola, yaitu dengan sikap berhenti di tempat, sikap lari, sikap melompat, dan sikap melayang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Menyundul bola dengan sikap berhenti di tempat

Berikut adalah cara menyundul bola dengan sikap berhenti di tempat:

  1. Badan menghadap ke arah datangnya bola, lalu lutu kaki sedikit ditekuk. Kemudian badan condong ke belakang mata tertuju ke arah datangnya bola.
  2. Dengan kekuatan otot-otot perut dan dorongan panggul serta dorongan kedua lutut diluruskan.
  3. Seluruh badan diikutsertakan ke depan hingga badan condong ke depan, lalu diteruskan dengan gerak lanjutan ke arah sasaran.
  • Menyundul bola dengan sikap lari

Baca juga: Macam-macam Formasi Sepak Bola Beserta Kelebihan dan Kekurangan

Untuk melakukan teknik ini, pemain berlari ke arah datangnya bola dengan gerakan seperti menyundul bola dalam sikap berdiri.

  • Menyundul bola dengan sikap melompat

Ada tiga teknik untuk melakukan sundulan dengan sikap melompat.

Pertama, menyundul bola dilakukan pada saat mulai melompat atau pada saat badan naik ke atas. Sundulan ini digunakan untuk mematahkan serangan lawan atau membersihkan bola dari daerah berbahaya di depan gawang sendiri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.