Komentar Candra Wijaya Soal Tekanan yang Dihadapi Marcus/Kevin di Olimpiade Tokyo

Kompas.com - 25/07/2021, 17:20 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, memulai Olimpiade Tokyo 2020 dengan kemenangan. AFP/ALEXANDER NEMENOVPasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, memulai Olimpiade Tokyo 2020 dengan kemenangan.

KOMPAS.com - Peraih medali emas di Olimpiade Sidney 2000, Candra Wijaya, mengingatkan agar ganda putra terbaik Indonesia dan dunia saat ini, Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo, tak berpikir terlalu jauh untuk meraih emas.

Candra Wijaya bersama Tony Gunawan berhasil memenangi medali emas nomor ganda putra di Sydney 2000.

Ia pun mengutarakan agar duet Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo bermain tenang dan tak berpikir soal tekanan.

Menurut Candra konsentrasi dan fokus satu persatu lawan yang dihadapi, jauh lebih baik ketimbang berpikir ingin menang dan meraih emas.

“Saya pernah ada dalam situasi yang dialami Kevin/Marcus. Namun, dengan berusaha tenang dan bermain bagus, kami justru bisa menikmati pertandingan,” kata Candra dalam rilis yang diterima Kompas.com dari NOC Indonesia.

Sinar Mas Land (SML) bekerja sama dengan Candra Wijaya International Badminton Center (CWIBC) gelar pencarian bibit bulutangkis usia 8-11 tahun mulai 16 Oktober 2019 sampai dengan 16 November 2019 bertajuk SML Mencari Juara 2019.Sinar Mas Land Candra Wijaya International Badminton Center (CWIBC) Sinar Mas Land (SML) bekerja sama dengan Candra Wijaya International Badminton Center (CWIBC) gelar pencarian bibit bulutangkis usia 8-11 tahun mulai 16 Oktober 2019 sampai dengan 16 November 2019 bertajuk SML Mencari Juara 2019.

Candra sendiri memprediksi kans The Minions untuk menjadi pemenang medali emas di Olimpiade ini sangat besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan, ia mengutarakan dapat tercipta all Indonesian final jika melihat performa Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan selama beberapa turnamen terakhir.

“Itu bicara besar saya. Secara teknis semua juga bersiap. Terpenting fokus dan konsentrasi agar game plan bisa keluar saat berlaga," lanjut Candra yang turut membawa Indonesia juara Thomas Cup 2000 dan 2002.

Baca juga: Kata-kata Pertama Marcus/Kevin Usai Debut Manis di Olimpiade

Akan tetapi, Candra juga menekankan agar Marcus/Kevin tak terbawa tekanan pada setiap pertandingan apalagi dengan status mereka sebagai pasangan ganda putra terbaik dunia dan favorit juara Olimpiade Tokyo 2020 ini.

“Untuk apa tertekan?. Perlu diingat bahwa soal hasil, Tuhan punya kuasa. Tugas kita main sebaik mungkin,” papar Candra.

Soal peluang emas di Tokyo, pria yang kini beruisa 45 tahun tersebut mengaku bulu tangkis punya porsi besar.

Menurutnya, medali bisa direngkuh tunggal putra, ganda campuran, dan ganda putri, tanpa bermaksud mengecilkan tunggal putri.

Marcus/Kevin memulai petualangan di Olimpiade Tokyo 2020 dengan kemenangan 21-15, 21-11 atas wakil Inggris Ben Lane/Sean Vendy (Inggris).

Minions akan kembali berlaga pada Senin (26/7/2021), kali ini melawan wakil India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.