Kompas.com - 24/07/2021, 15:10 WIB
Manajer Manchester United, Jose Mourinho, memberi instruksi kepada penyerang Zlatan Ibrahimovic yang masuk sebagai pemain pengganti pada laga kontra Chelsea di Stadion Old Trafford, Minggu (16/4/2017). AFP/OLI SCARFFManajer Manchester United, Jose Mourinho, memberi instruksi kepada penyerang Zlatan Ibrahimovic yang masuk sebagai pemain pengganti pada laga kontra Chelsea di Stadion Old Trafford, Minggu (16/4/2017).

KOMPAS.com - Sepak bola merupakan contoh permainan bola besar yang dilakukan secara beregu dengan melibatkan dua tim di lapangan.

Masing-masing tim mempunyai susunan pemain di awal laga serta deretan pemain cadangan yang dapat digunakan sepanjang pertandingan.

Ketentuan mengenai jumlah pemain yang tampil sejak sepak mula atau susunan awal laga setiap tim serupa di berbagai tingkat kompetisi.

Namun, ada perbedaan peraturan mengenai jumlah pemain cadangan yang dapat disiapkan setiap tim untuk berbagai jenis kejuaraan di tataran klub atau kesebelasan sebuah negara.

Lantas, bagaimana ketentuan mengenai anggota tim inti serta berapa jumlah pemain dan cadangan satu tim sepak bola?

Penjelasan mengenai jumlah pemain dan cadangan satu tim sepak bola, diterapkan berdasar regulasi dalam Laws of the Game yang dirilis oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB).

Baca juga: Pergantian Pemain dalam Sepak Bola

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam aturan resmi IFAB, jumlah pemain dalam sebuah regu yang turun bertanding di lapangan sepak bola adalah sebelas orang, termasuk satu anggota tim sebagai penjaga gawang.

Sebuah pertandingan tidak dapat dimulai atau berlanjut apabila sebuah tim mempunyai kurang dari tujuh pemain di lapangan termasuk seorang kiper.

Adapun jumlah pemain cadangan dalam sebuah pertandingan kompetisi resmi, ditetapkan berjumlah tiga hingga paling banyak 12 orang.

Wasit hanya akan mengizinkan para pemain yang namanya tercantum dalam daftar anggota tim inti dan cadangan, untuk tampil dalam sebuah pertandingan yang dimaksud.

Halaman:


Sumber IFAB
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.