Kompas.com - 02/04/2021, 17:40 WIB
Ki-Jana Hoever bersiap masuk sebagai pemain pengganti pada laga Wolverhampton Wanderers vs Liverpool di Stadion Molineux dalam babak ketiga Piala FA, 7 Januari 2019. AFP/PAUL ELLISKi-Jana Hoever bersiap masuk sebagai pemain pengganti pada laga Wolverhampton Wanderers vs Liverpool di Stadion Molineux dalam babak ketiga Piala FA, 7 Januari 2019.

KOMPAS.com - Permainan sepak bola membutuhkan adanya 11 tim dalam sebuah tim yang ikut bertanding dalam sebuah pertandingan.

Selain itu, sebuah tim sepak bola bisa memiliki pemain cadangan untuk menggantikan para pemain yang turun bertanding sejak sepak mula (kick-off).

Namun, aturan pergantian pemain dalam sepak bola belum tercetus ketika olahraga ini ditemukan di Inggris pada pertengahan abad ke-19.

Lantas bagaimana sejarah serta aturan pergantian pemain dalam sepak bola? berikut penjelasannya:

Sejarah Pergantian Pemain di Sepak Bola

Kemunculan langkah pergantian pemain pada pertandingan resmi sudah terjadi pada kualifikasi Piala Dunia 1954, tepatnya dalam laga Jerman Barat melawan wilayah federasi Saarland (yang kini menjadi bagian dari negara Jerman).

Menurut laman resmi Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA), aturan pergantian pemain dalam sepak bola baru diterapkan untuk kali pertama pada 1958 silam.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aturan pergantian pemain sepak bola ketika itu, hanya berlaku jika seorang penjaga gawang dan atau pemain lain mengalami cedera serius.

Dilansir dari laman BBC, aturan pergantian pemain kemudian diterapkan secara luas sejak ajang Piala Dunia 1970 di Meksiko.

Baca juga: Tendangan Penalti dalam Sepak Bola: Aturan dan Syaratnya

Penerapan Aturan Pergantian Pemain

Pada pertandingan sepak bola, pergantian pemain maksimal sebanyak tiga kali dalam sebuah pertandingan.

Regulasi tersebut mulai diterapkan pada 1995, setelah aturan sebelumnya yang diperkenalkan pada 1970 hanya membatasi pergantian pemain sebanyak dua orang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X