FIBA Asia Cup 2021 Resmi Ditunda, Ini Respons Indonesia Selaku Tuan Rumah

Kompas.com - 23/07/2021, 22:00 WIB
Logo FIBA Asia Cup 2021. DOK. FIBALogo FIBA Asia Cup 2021.

KOMPAS.com - FIBA Asia Cup 2021 yang sejatinya akan berlangsung di Indonesia pada 17-29 Agustus mendatang resmi ditunda hingga tahun depan.

Berdasarkan rilis yang diterima KOMPAS.com, penundaan kompetisi bola basket antarnegara Asia itu tak lepas dari situasi di tengah pandemi Covid-19.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Direktur Eksekutif FIBA Asia, Hagop Khajirian, dijelaskan bahwa pihaknya telah mengevaluasi perencanaan dan pengorganisasian ajang FIBA Asia Cup 2021 dengan cermat dalam 12 bulan terakhir.

Namun, varian baru Covid-19 yang melanda Indonesia dan Asia membuat FIBA harus mengambil keputusan berat saat 25 hari menjelang tip-off di Jakarta.

Baca juga: KOI Apresiasi Persiapan Perbasi Gelar FIBA Asia Cup dan FIBA World Cup

Setelah berkonsultasi dengan federasi bola basket negara peserta, mereka resmi menunda pergelaran FIBA Asia Cup 2021 di Indonesia.

Dalam laporan disebutkan bahwa FIBA Asia Cup akan ditunda hingga Juli 2022, tepat setelah babak kualifikasi FIBA World Cup 2023.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terkait keputusan ini, Indonesia selaku tuan rumah sudah mengeluarkan respons.

Ketua Pelaksana FIBA Asia Cup 2021, Junas Miradiarsyah, mengatakan bahwa pihaknya bisa memahami keputusan yang telah diambil FIBA.

Baca juga: Tekuk Thailand di Kualifikasi FIBA Asia Cup, Indonesia Pantang Berpuas Diri

Sebab, menurut Junas, kepentingan dan kebijakan pemerintah negara peserta dalam upaya pemberatasan Covid-19 merupakan prioritas utama.

"Indonesia memahami situasi global, regional, dan juga dalam negeri, yakni kepentingan negara dan kebijakan pemerintah negara peserta dalam penanganan COVID-19, saat ini, merupakan prioritas utama," kata Junas, dalam rilis yang diterima KOMPAS.com pada Jumat (23/7/2021),

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.