Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Verstappen Crash, Lewis Hamilton "Selamat" karena Red Flag

Kompas.com - 19/07/2021, 20:40 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

Sumber Motorsport

KOMPAS.com - Lewis Hamilton (Mercedes) kemungkinan besar tidak bisa melanjutkan balapan Formula 1 (F1) GP Inggris 2021 jika red flag tidak berkibar setelah Max Verstappen (Red Bull Racing) menabrak dinding ban pembatas lintasan.

Pendapat itu diungkapkan salah satu enginer Lewis Hamilton, Andrew Shovlin.

GP Inggris merupakan seri ke-10 dari Kejuaraan Dunia F1 2021 yang dihelat di Sirkuit Silverstone pada Minggu (18/7/2021).

Balapan F1 GP Inggris 2021 sudah menyedot perhatian sejak lap pertama setelah Hamilton dan Max Verstappen bersenggolan di Tikungan 9 atau Copse Corner.

Insiden tersebut membuat mobil Verstappen hancur setelah menabrak dinding ban pembatas lintasan.

Baca juga: Verstappen Kecelakaan akibat Ulah Hamilton, Bos Red Bull Murka

Menurut kepala tim Red Bull Racing, Christian Horner, Verstappen menabrak pembatas lintasan dengan kekuatan 51 atau 51 kali gaya gravitasi bumi.

Max Verstappen dan Hamilton memang memulai balapan F1 GP Inggris 2021 dengan sangat agresif dan saling menekan di setiap tikungan.

Kecelakaan pada akhirnya tidak terhindarkan setelah sayap dan ban depan kiri Hamilton bersenggolan dengan ban kanan belakang Verstappen.

Dalam tayangan ulang, Hamilton saat itu sedang berusaha mengambil alih pimpinan balapan dengan menyalip Verstappen dari sisi dalam Tikungan 9.

Di sisi lain, Verstappen yang masuk ke Tikungan 9 terlebih dahulu terlihat tidak mau kalah dan tetap memacu mobilnya untuk menutup ruang gerak Hamilton.

Setelah kedua mobil bersenggolan, Verstappen tergelincir dan kehilangan kendali hingga akhirnya menabrak dinding pembatas lintasan.

Di sisi lain, Hamilton berhasil mengendalikan mobilnya yang terlihat mengalami sedikit kerusakan di bagian sayap dan ban depan sisi kiri.

Baca juga: Soal Insiden Hamilton-Verstappen, Begini Pendapat Bos Mercedes

Insiden tersebut langsung membuat balapan dihentikan sementara setelah red flag atau bendera merah berkibar.

Balapan dihentikan agar petugas bisa membersihkan lintasan, memperbaiki dinding ban pembatas, dan tentu saja menyelamatkan Verstappen.

Setelah berhasil keluar dari mobilnya, Verstappen langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: Verstappen Dilarikan ke Rumah Sakit Usai Tabrakan 51 Kali Gaya Gravitasi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com