Kompas.com - 24/06/2021, 00:00 WIB
Pebasket Indonesia Andakara Prastawa Dhyaksa beraksi saat melawan pebasket Filipina dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPebasket Indonesia Andakara Prastawa Dhyaksa beraksi saat melawan pebasket Filipina dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina.

KOMPAS.com - Pivot merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bola basket. Pivot kerap dilakukan oleh pemain basket ketika sedang bertanding di lapangan.

Mengutip laman resmi Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), pivot adalah gerakan dengan bertumpu pada satu kaki dan kaki yang lainnya bergerak ke segala arah pada bola basket.

Kaki yang tetap berada di atas lantai atau lapangan itulah yang disebut kaki poros atau tumpuan.

Pada saat melakukan gerakan dengan menggunakan titik tumpu permainan basket itu bertujuan untuk memperagakan teknik bertahan.

Dengan kata lain, pengertian pivot adalah teknik memutar bola dengan salah satu kaki sebagai poros pada permainan bola basket.

Baca juga: Pivot Basket: Teknik, Gerakan, dan Penjelasannya

Tujuan pivot dalam bola basket

Pivot biasanya dilakukan setelah menerima umpan dari rekan setim. Pivot bisa dilanjutkan dengan gerakan menggiring bola (dribbling), mengumpan (passing), atau menembak (shooting).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun, tujuan melakukan pivot adalah sebagai berikut.

  • Sebagai langkah awal sebelum menembak
  • Untuk mengelabui atau menipu lawan
  • Mencari celah dari defense (pertahanan) yang dilakukan pemain lawan

Baca juga: Kesalahan Saat Melakukan Pivot dalam Bola Basket

Cara melakukan pivot

Berikut adalah langkah-langkah melakukan gerakan memutar atau pivot dalam permainan bola basket.

  1. Pilihlah salah satu kaki yang akan digunakan sebagai tumpuan atau poros.
  2. Gerakkanlah badan (memutar) ke arah mana saja sesuai keinginan dengan satu kaki.
  3. Ketika menggerakkan badan, kaki yang menjadi tumpuan (poros) tidak mengalami pergerakan atau pergeseran.
  4. Setelah menyelesaikan gerakan pivot, kembalilah ke sikap dasar dan bersiap melakukan langkah atau gerakan berikutnya.

Pebasket Indonesia Juan beraksi saat melawan pebasket Filipina dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebasket Indonesia Juan beraksi saat melawan pebasket Filipina dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina.

Baca juga: Mengenal Pemain Berposisi Point Guard dalam Bola Basket

Aturan pivot dalam bola basket

Berikut adalah aturan saat melakukan gerakan pivot, seperti dikutip dari laman SehatQ.

  • Pemain hanya bisa berputar dengan bertumpu pada kaki yang digunakan sebagai kaki pivot.
  • Selama masih memegang bola, pemain tidak boleh mengangkat kaki pivotnya dari lapangan.
  • Kaki pivot baru boleh tidak menjejak lapangan ketika bola sudah dilepaskan dari tangan, baik itu lewat gerakan shooting, passing ataupun dribbling.
  • Pemain tidak bisa mengganti kaki pivotnya begitu saja.
  • Jika sebelum melakukan pivot pemain sudah men-dribble bola, maka saat melakukan pivot, dribble tidak lagi bisa dilakukan.
  • Gerakan pivot tidak boleh dilakukan lebih dari 5 (lima) detik.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X