Kompas.com - 19/05/2021, 13:20 WIB
Ukuran lapangan sepak bola berdasarkan Laws of The Game yang ditentukan FIFA. FIFAUkuran lapangan sepak bola berdasarkan Laws of The Game yang ditentukan FIFA.

KOMPAS.com - Cabang olahraga sepak bola membutuhkan lapangan sebagai tempat bertanding kedua tim, yang wilayahnya dibatasi dengan sejumlah garis.

Terdapat dua garis pada sisi terpanjang lapangan yang berjarak antara 100 hingga 105 meter, yang disebut sebagai garis tepi lapangan (touchline).

Sementara garis pada sisi lebih pendek dengan jarak antara 64 hingga 75 meter, disebut sebagai garis gawang (goal line).

Adapun, selain pada keempat sisi tersebut, terdapat juga rangkaian garis batas dalam wilayah depan gawang.

Mengutip buku Laws of The Game dari Dewan Asosiasi Sepak bola Internasional (IFAB), wilayah yang terbentuk pada batas sepanjang 40 meter dan lebar 16 meter di depan gawang merupakan kotak penalti.

Di dalamnya terdapat titik putih berjarak 11 meter dari gawang, yang menjadi tempat diletakkannya bola ketika seorang pemain mendapat kesempatan tendangan penalti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Gambar dan Ukuran Lapangan Sepak Bola

Terdapat juga garis lain dalam area penalti yang memiliki fungsi berbeda untuk mendukung permainan sepak bola, seperti berikut:

Area gawang (Goal area)

Batas dari area gawang memiliki jarak 5,5 meter dari titik luar masing-masing tiang gawang, serta garis dengan ukuran serupa dari titik tersebut ke arah lapangan.

Selain itu, area gawang juga memiliki batas garis sepanjang 18 meter yang sejajar dengan garis gawang, sebagai batas dilakukannya tendangan gawang untuk mengawali permainan.

Fungsi dari area gawang juga digunakan sebagai acuan wasit apabila penjaga gawang diganggu oleh pemain lawan saat menguasai bola, sehingga dapat memutuskan terjadinya pelanggaran.

Halaman:


Sumber IFAB
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.