Kompas.com - 13/05/2021, 16:30 WIB
Kiper Ajax Amsterdam, Andre Onana, mengenakan sepasang sarung tangan untuk berfoto saat memberikan wawancara dengan Agence France-Presse (AFP) di De Toekomst (The Future), pusat pelatihan klub Belanda di Amsterdam pada 26 April 2019. EMMANUEL DUNANDKiper Ajax Amsterdam, Andre Onana, mengenakan sepasang sarung tangan untuk berfoto saat memberikan wawancara dengan Agence France-Presse (AFP) di De Toekomst (The Future), pusat pelatihan klub Belanda di Amsterdam pada 26 April 2019.

KOMPAS.com - Sarung tangan dalam permainan sepak bola merupakan senjata penting sekaligus belahan jiwa bagi pemain yang berposisi sebagai kiper.

Sebab, sarung tangan merupakan penunjang performa seorang kiper dan memberikan kenyamanan ketika menahan dan menangkap bola.

Fungsi dari sarung tangan dalam permainan sepak bola adalah untuk melindungi tangan kiper dan supaya tangkapan yang dilakukan lebih maksimal dan lengket.

Saat ini, sarung tangan kiper merupakan perpaduan, teknologi, sains, dan seni.

Baca juga: Tugas Kiper dalam Sepak Bola

Terlepas dari hal tersebut, sarung tangan kiper memiliki sejarah panjang dan mengalami perubahan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejarah Sarung Tangan Kiper di Sepak Bola

Dilansir BolaSport.com dari Instagram resmi PSSI, awalnya sarung tangan bukanlah properti yang wajib dikenakan oleh seorang kiper.

Barulah pada tahun 1940 semuanya berubah, sarung tangan mulai diperkenalkan.

Sarung tangan pertama kali dipakai oleh penjaga gawang asal Argentina, Amadeo Carrizo.

Kala itu, bentuk sarung tangan jauh dari apa yang kita lihat saat ini.

Baca juga: Golden Goal, Peraturan yang Pernah Hadir di Sepak Bola

Alasan pemakaian sarung tangan pun waktu itu untuk menghangatkan tangan penjaga gawang.

Halaman:


Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X