Kompas.com - 10/04/2021, 22:00 WIB
Kiper Liverpool Alisson Becker berusaha menangkap bola saat melawan Tottenham Hotspur pada final Liga Champions 2019 di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Sabtu (1/6/2019) atau Minggu dini hari. Liverpool menjadi juara Liga Champions 2018-2019 setelah mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0. AFP/OSCAR DEL POZOKiper Liverpool Alisson Becker berusaha menangkap bola saat melawan Tottenham Hotspur pada final Liga Champions 2019 di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Sabtu (1/6/2019) atau Minggu dini hari. Liverpool menjadi juara Liga Champions 2018-2019 setelah mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0.

KOMPAS.com - Pada permainan sepak bola, terdiri dari beberapa pemain yang bertugas di daerahnya masing-masing, salah satunya pemain bertahan yang paling akhir dalam menjaga daerah pertahan adalah kiper.

Kiper atau penjaga gawang merupakan salah satu posisi penting dalam permainan sepak bola.

Posisi kiper dalam permainan sepak bola sangat spesial. Sebab, kiper merupakan satu-satunya pemain yang boleh memegang bola dengan tangan, sementara posisi pemain lain tidak.

Akan tetapi, hak istimewa itu hanya boleh dilakukan di area kotak penalti miliknya, bukan di kotak penalti lawan.

Dalam permainan sepak bola, ada beberapa tugas utama seorang kiper.

Dikutip dari SportsRec, berikut tugas kiper dalam sepak bola:

Baca juga: Mengenal Aturan Offside dalam Sepak Bola

1. Melindungi gawang

Penjaga gawang adalah garis pertahanan terakhir untuk mencegah tim lain mencetak gol.

Dalam melakukan tugasnya menjaga gawang dari kemasukan gol, seorang kiper dapat menggunakan tangannya yang berbalut dengan sarung tangan.

2. Koordinasi pertahanan

Baca juga: Apa Itu Corner Kick dalam Sepak Bola?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X