Tragedi Munich 1958, Catatan Pilu dalam Sejarah Manchester United

Kompas.com - 11/05/2021, 15:45 WIB
Fans Manchester United memberikan penghormatan untuk para pemain Setan Merah dan semua korban tragedi Munich 1958. AFP/ANDREW YATESFans Manchester United memberikan penghormatan untuk para pemain Setan Merah dan semua korban tragedi Munich 1958.

KOMPAS.com - Riwayat perjalanan klub sepak bola asal Inggris, Manchester United, diwarnai catatan memilukan yang mengakibatkan gugurnya pemain dan staf klub pada 6 Februari 1958.

Sebanyak 23 orang meninggal dunia, termasuk 11 orang pemain dan staf Manchester United akibat kecelakaan pesawat yang membawa mereka dari Beograd, Yugoslavia menuju Manchester, Inggris.

Mereka termasuk dalam rombongan berjumlah 44 orang yang menaiki pesawat sewaan untuk membawa skuad Manchester United kembali dari pertandingan Piala Champions Eropa melawan Red Star.

Kejadian nahas tersebut mengambil tempat di landasan pacu bandara Munich-Riem, Muenchen, Jerman sebagai lokasi perhentian pesawat untuk mengisi bahan bakar.

Jenis pesawat dalam kejadian tersebut adalah Airspeed AS-57 Ambassador, milik maskapai British European Airways yang diawaki pilot James Thain dan kopilot Kenneth Rayment.

Pesawat tersebut gagal melakukan lepas landas (take off) pada percobaan ketiga dari landasan pacu bandara Munich, sehingga tergelincir dan menabrak pagar pembatas kawasan bandar udara tersebut.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Skuad Manchester United 2020-2021

Berdasarkan investigasi, penyebab utama dari gagalnya upaya lepas landas pesawat nahas tersebut adalah tidak tercapainya kecepatan minimal terbang serta genangan lelehan salju pada permukaan landasan pacu.

Insiden fatal tersebut mengakibatkan delapan orang pemain serta tiga staf klub Manchester United, sementara sembilan pemain lain dan pelatih Matt Busby selamat.

Seperti dilansir dari laman Manchester United, delapan pemain yang menjadi korban jiwa adalah Geoff Bent, Roger Byrne, Eddie Colman, Mark Jones, David Pegg, Tommy Taylor, Billy Whelan, dan Duncan Edwards.

Mereka adalah bagian dari skuad asuhan Matt Busby, atau disebut sebagai The Busby Babes, yang meraih gelar divisi teratas Liga Inggris pada 1955-1956 dan 1956-1957.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X