Kompas.com - 20/04/2021, 14:00 WIB
Pebasket Indonesia H Lakudu beraksi saat melawan pebasket Filipina dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPebasket Indonesia H Lakudu beraksi saat melawan pebasket Filipina dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina.

KOMPAS.com - Bola basket merupakan olahraga yang sangat populer di dunia termasuk di Indonesia.

Bola basket adalah permainan bola besar yang dimainkan oleh dua tim atau regu berlawanan. Masing-masing tim berisikan lima pemain.

Permainan bola basket dilakukan di sebuah lapangan berbentuk persegi panjang dengan dua ring basket yang terletak di papan pantul.

Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) telah menetapkan standar ukuran lapangan bola basket yaitu panjang 28 meter dan lebar 15 meter.

Namun, ukuran lapangan basket di kompetisi National Basketball Association atau NBA yang merupakan liga bola basket profesional kawasan Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada) berbeda dengan ukuran lapangan sesuai standar FIBA.

Baca juga: Pelanggaran Three Seconds Violation dalam Bola Basket

Di kompetisi NBA, lapangan bola basket yang digunakan memiliki ukuran panjang 28,65 meter dan lebar 15,24 meter.

Beberapa ukuran lain misalnya diameter lingkaran tengah antara lapangan basket FIBA dan NBA juga terdapat perbedaan. Namun, perbedaannya tidak terlalu signifikan.

Ukuran Lapangan Bola Basket

Untuk pertandingan resmi di level internasional, ukuran lapangan bola basket yang digunakan sesuai dengan regulasi FIBA.

Ukuran lapangan basket sesuai standar FIBA adalah sebagai berikut.

  • Panjang: 28 meter
  • Lebar: 15 meter
  • Diameter lingkaran tengah: 3,6 meter
  • Tinggi ring: 3,05 meter
  • Radius busur: 1,25 meter
  • Jarak lemparan bebas: 4,6 meter
  • Jarak tembakan tiga angka: 6,6 hingga 6,75 meter
  • Lebar garis: 5 sentimeter

Baca juga: Cara Melakukan Jump Shot dalam Bola Basket

Ukuran Ring Basket dan Papan Pantul

  • Diameter ring: 450 mm hingga 459 mm
  • Ketebalan: 16 mm hingga 20 mm
  • Jarak terdekat ring dengan papan pantul: 151 mm
  • Ukuran jaring: 400-500 mm dengan 12 bagian jaring tergantung di ring
  • Panjang papan pantul: 1.800 mm, toleransi 30 mm
  • Lebar papan pantul: 1.200 mm, toleransi 20 mm

Pebasket Indonesia Sitorus beraksi saat melawan pebasket Filipina dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebasket Indonesia Sitorus beraksi saat melawan pebasket Filipina dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X