Kompas.com - 18/04/2021, 11:39 WIB
Legenda tinju Indonesia, Albert Papilaya. DOK. PERTINALegenda tinju Indonesia, Albert Papilaya.

KOMPAS.com - Legenda tinju Indonesia, Albert Papilaya, meninggal dunia pada Minggu (18/4/2021) pukul 00.45 WIB.

Albert Papilaya meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif di IGD RSUD Dr. H Chasan Boesoerie, Ternate, Maluku Utara.

Ucapan bela sungkawa atas kepergian Albert Papilaya datang dari berbagai kalangan, khususnya olahraga Tanah Air.

Salah satu sosok yang terpukul dengan kepergian Albert Papilaya adalah wartawan senior yang kini bekerja sebagai staf khusus Menpora, Mahfudin Niagara.

Baca juga: 3 Agenda Ini untuk Perkembangan Tinju Indonesia

"Sebagai wartawan senior yang mengenal Albert Papilaya, saya ikut berduka yang dalam atas wafatnya sahabat, adik, dan atlet nasional kita. Semoga amal ibadahnya diterima dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan," kata Mahfudin Niagara dikutip dari situs Antara.

Selama menjadi atlet, Albert Papilaya berhasil meraih sederet prestasi internasional.

Salah satu prestasi terbaik Albert Papilaya adalah menjadi perempat finalis Olimpiade Barcelona 1992. Albert Papilaya saat itu turun di kelas 75kg.

Di level Asean, Albert Papilaya tercatat sudah menyumbangkan total tujuh medali emas SEA Games.

Baca juga: Harapan Tinju Indonesia pada Bali

Sosok kelahiran Tobelo, Maluku Utara, pada 15 September 1967 itu juga pernah meraih empat medali emas dan prestasi di Piala Presiden.

Setelah pensiun dari dunia tinju, Albert Papilaya bertugas di Polda Metro Jaya dan kini tercatat berpangkat Komisaris Polisi (Kompol).

Pada awal maret lalu, Albert Papilaya memutuskan pulang ke kampung halamannya di Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara.

Kondisi kesehatan Albert Papilaya memang terus menurun dalam sebulan terakhir. Albert Papilaya dikabarkan juga sempat dalam keadaan koma sebelum akhirnya meninggal dunia.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X