Kompas.com - 15/04/2021, 17:20 WIB
Lempar lembing www.worldathletics.orgLempar lembing

KOMPAS.com - Lempar lembing merupakan salah satu jenis olahraga yang termasuk dalam cabang atletik.

Tujuan dari olahraga lempar lembing adalah mencapai jarak lemparan sejauh-jauhnya.

Lembing lembing atau javelin throw menjadi salah satu olahraga atletik kategori lempar yang dilombakan pada Olimpiade selain tolak peluru, lempar cakram, dan lontar martil.

Sama seperti nomor olahraga lempar lainnya, dalam pertandingan lempar lembing juga terdapat lapangan, peralatan, dan juga perlengkapan.

Berikut adalah peraturan mengenai ukuran lapangan, peralatan, dan perlengkapan lempar lembing sesuai standar Asosiasi Federasi Atletik Internasional (IAAF).

Baca juga: Lempar Lembing: Sejarah dan Tekniknya

Ukuran Lapangan Lempar Lembing

Lapangan lempar lembing dibagi menjadi tiga bagian yaitu lintasan (jalur) awalan, sudut lemparan, dan sektor lemparan.

  • Lintasan awalan

Panjang lintasan awalan lapangan lempar lembing adalah minimal 30 meter dan maksimal 36,5 meter. Adapun, lebar lintasan awalan adalah 4 meter dengan tebal garis batas lintasan awalan 5 cm.

  • Sudut lemparan

Sudut lemparan adalah area untuk melempar lembing setelah berlari di jalur lintasan awalan.

Jarak antara titik ancang-ancang dalam sudut lemparan dan bibir busur adalah 8 meter. Sudut yang tercipta dari garis poros tengah ke ujung pojok busur adalah 30 derajat.

Bibir busur adalah garis akhir yang tidak boleh dilewati oleh atlet ketika akan melempar lembing. Namun, garis dengan lebar 7 cm tersebut boleh disentuh oleh atlet selepas melempar lembing (saat terjatuh).

Baca juga: Teknik Lempar Lembing

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X