Kompas.com - 14/04/2021, 10:00 WIB
Pebola voli putri Indonesia, Wilda Siti Nurfadhilah, melakukan smes ke arah Vietnam. Indonesia mengalahkan Vietnam 3-2 pada babak semifinal SEA Games 2017 yang berlangsung di Hall 11 MITEC, Sabtu (26/8/2017). BOLASPORT.COM/FERI SETIAWANPebola voli putri Indonesia, Wilda Siti Nurfadhilah, melakukan smes ke arah Vietnam. Indonesia mengalahkan Vietnam 3-2 pada babak semifinal SEA Games 2017 yang berlangsung di Hall 11 MITEC, Sabtu (26/8/2017).

KOMPAS.com - Olahraga bola voli sebagai permainan yang dilakukan secara beregu membutuhkan kerjasama antar pemain.

Bentuk kerjasama tersebut antara lain tercermin dari adanya upaya untuk saling mengoper atau memberikan bola, yang dikenal dengan teknik passing.

Passing merupakan teknik dasar yang paling sering digunakan oleh seorang pemain dalam permainan bola voli.

Dalam buku Pedoman Pelatihan Bola Voli (1991) karya Suharno HP, passing adalah upaya seorang pemain mengoper bola kepada rekan setimnya untuk dimainkan di lapangan sendiri.

Bentuk atau ragam teknik passing dalam permainan bola voli terbagi menjadi dua yakni passing atas dan passing bawah.

Perbedaan antara mengumpan atau passing pada bola voli terletak pada persentuhan bola dengan tangan seorang pemain dalam usaha mengoper kepada rekan setim.

Sentuhan bola yang tepat untuk melintasi net dalam permainan bola voli yakni bagian pergelangan tangan hingga sikut.

Baca juga: Teknik Passing Atas pada Bola Voli

Adanya perbedaan antara passing atas dan bawah dalam permainan bola voli dapat dijelaskan sebagai berikut:

Passing atas

Cara melakukan passing atas diawali dengan mengambil sikap normal, mengambil tumpuan dengan melebarkan kaki sejajar bahu, serta meletakkan tangan di depan dada.

Seorang pemain yang melakukan passing atas melakukan persentuhan dengan bola pada bagian ujung jari dengan posisi tangan sedikit ditegangkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X