Kompas.com - 12/04/2021, 21:40 WIB
Ilustrasi passing atas dalam permainan bola voli kemdikbudIlustrasi passing atas dalam permainan bola voli

KOMPAS.com - Permainan bola voli membutuhkan kerja sama antar pemain sebagai sebuah tim ketika bertanding di lapangan.

Contoh dari kerjasama antarpemain di lapangan adalah dengan melakukan operan atau memberi bola kepada rekan setim.

Dalam buku Teknik Dasar Bermain Bola Voli (2013) karya Winarno, operan atau passing dalam bola voli adalah upaya memindahkan bola dengan suatu teknik tertentu dalam wilayah permainan sendiri.

Teknik passing dalam permainan bola voli perlu dipelajari sebagai dasar seorang pemain mampu memainkan bola di udara dalam jangka waktu lama.

Salah satu kemampuan dasar mengoper bola yang dapat dikuasai oleh seorang pemain bola voli adalah teknik passing atas.

Sebab, salah satu teknik dasar bola voli yang paling sering dipergunakan untuk memberikan operan kepada smasher adalah passing atas.

Baca juga: Tugas Utama Tosser dalam Bola Voli

Pengertian passing atas

Teknik passing atas merupakan cara mengoper bola yang dilakukan melalui persentuhan bola dengan ujung jari tangan pada saat bola datang setinggi bahu atau lebih tinggi.

Biasanya passing atas dilakukan ketika membangun serangan, tepatnya dengan memberikan bola kepada smasher atau spiker.

Sehingga, bola hasil teknik passing atas harus mudah diterima atau berada dalam posisi optimal untuk melakukan pukulan serangan (smash atau spike).

Langkah melakukan passing atas

Seorang pemain memiliki tiga tahapan ketika melakukan teknik passing atas dalam permainan bola voli kepada rekan setimnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X