Kompas.com - 13/04/2021, 09:00 WIB
Gelandang Newcastle United (kiri) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur pada laga pekan ke-30 Liga Inggris 2020-2021 di Stadion St. James' Park, 4 April 2021. AFP/SCOTT HEPPELLGelandang Newcastle United (kiri) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur pada laga pekan ke-30 Liga Inggris 2020-2021 di Stadion St. James' Park, 4 April 2021.

KOMPAS.com - Formasi pemain menjadi bagian dari siasat atau taktik sebuah tim dalam cabang olahraga sepak bola.

Alasan penggunaan formasi dalam permainan sepak bola merupakan dasar pembagian tugas dan peran setiap pemain dalam sebuah tim.

Penentuan sebuah formasi tim sepak bola tidak menghitung posisi penjaga gawang, mengingat perannya bersifat tetap.

Menurut buku Inverting the Pyramid: The History of Soccer Tactics (2013) oleh Jonathan Wilson, rancangan sebuah formasi bisa sangat mengatur permainan sebuah tim dalam pertandingan sepak bola.

Salah satu contoh rancangan formasi dalam permainan sepak bola, adalah penggunaan lima bek dalam sebuah pertandingan.

Formasi sepak bola yang menempatkan 5 (lima) pemain sebagai pemain bertahan adalah 5-3-2 dan 5-4-1.

Baca juga: Formasi 4-2-3-1 dalam Sepak Bola

Formasi 5-3-2

Bentuk formasi 5-3-2 dalam permainan sepak bola mempunyai tujuan utama menguatkan barisan pertahanan serta mencegah tim lawan merancang serangan cepat.

Seperti dilansir dari laman Live About, tim dengan rancangan formasi 5-3-2 memiliki dasar tiga orang bek tengah serta dua bek sayap.

Tiga orang bek tengah bertanggung jawab mencegah tim lawan menembus area pertahanan dengan melakukan tekel, marking, atau duel udara.

Di sisi lain, dua bek sayap memiliki tugas ganda yakni mengisi ruang pertahanan di garis tepi lapangan sekaligus membantu serangan tim jika mempunyai kesempatan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X