Kompas.com - 10/04/2021, 20:00 WIB
Pemain softball melakukan pukulan. Pemukul bola dalam permainan softball disebut dengan batter. shutterstock.comPemain softball melakukan pukulan. Pemukul bola dalam permainan softball disebut dengan batter.

KOMPAS.com - Softball atau dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan sofbol adalah permainan yang dilakukan dengan melempar bola kecil dan keras menggunakan pemukul.

Dalam permainan softball para pemain harus menguasai teknik-teknik dasar.

Apa saja teknik dasar permainan softball?

Mengutip dari buku Softball dan Baseball (Teori dan dan Praktik), 2019, karya Dr. Anggi Setia Lengkana, M.Pd dan Rana Gustian Nugraha, M.Pd, teknik dasar softball adalah memegang bola, melempar bola, memukul bola, menangkap bola, berlari ke base, dan meluncur (sliding). Berikut penjelasannya:

Baca juga: Tugas Pitcher dalam Softball

  • Memegang bola

Teknik satu ini mungkin terkesan sepele, namun dalam permainan softball teknik ini tidak semudah yang dibayangkan. Sebab, teknik ini sangat menentukan hasil dari lemparan bola.

Ada tiga macam cara memegang bola, yaitu pegangan empat jari, pegangan dua jari, dan pegangan tiga jari.

  • Melempar bola

Dalam permainan softball, melempar bola merupakan bagian bagian terpenting. Pemain yang bertugas melempar bola ke arah pemukul dalam permainan softball dinamakan pitcher.

Baca juga: Jenis-jenis Lemparan dalam Softball

Unsur utama yang perlu diperhatikan dalam melakukan gerakan melempar yakni kekuataan, kecepatan melempar, arah bola dan ketepatan sasaran.

Adapun, lemparan bola dalam permainan softball terdiri dari tiga jenis teknik yaitu lemparan atas (overhand throw), lemparan samping (underhand toss), dan lemparan bawah (sidehand throw).

  • Menangkap bola

Teknik dasar softball menangkap bola adalah suatu usaha yang dilakukan oleh pemain untuk dapat menguasai bola dengan bantuan pelindung tangan atau glove dari hasil pukulan atau lemparan teman.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X