Kompas.com - 10/04/2021, 18:40 WIB
Koreografi pendukung Persija Jakarta atau The Jakmania dalam pertandingan kelima Grup H Piala AFC 2018 melawan Johor Darul Takzim di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (10/4/2018). GARRY ANDREW LOTULUNG/KOMPAS.COMKoreografi pendukung Persija Jakarta atau The Jakmania dalam pertandingan kelima Grup H Piala AFC 2018 melawan Johor Darul Takzim di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (10/4/2018).

KOMPAS.com - Klub asal Ibu Kota, Persija Jakarta, memiliki kelompok pendukung setia yang bernama The Jakmania.

Barisan suporter The Jakmania yang tampil dengan atribut berwarna oranye, berusaha hadir ketika Persija bertanding di kandang atau tandang.

Dukungan penuh The Jakmania untuk Persija disampaikan melalui nyanyian, koreografi, dan kreasi visual saat berada di tribun penonton.

Aksi penuh kreativitas dari barisan suporter The Jakmania, pun, menjadi bagian menarik dari perhelatan laga kandang Persija.

Lalu bagaimana awal kisah terbentuknya organisasi suporter resmi Persija Jakarta, klub juara Liga 1 2018 tersebut?

Proses terbentuknya organisasi suporter Persija Jakarta, The Jakmania, berawal dari pandangan seorang suporter bernama Tauhid Ferry Indrasjarief.

Baca juga: PSSI: Sejarah, Fungsi, dan Tugasnya

Ketika itu, Ferry Indrasjarief menilai Persija tidak memiliki wadah suporter memadai ketika berkompetisi di Liga Indonesia pada 1997.

Mengutip artikel KOMPAS.com tertanggal 19 Desember 2018, Ferry indrasjarief menyebut The Jakmania sebagai wadah pendukung untuk belajar mencintai Jakarta.

The Jakmania didirikan secara resmi pada 19 Desember 1997 melalui deklarasi yang dihadiri 40 orang di Graha Wisata Kuningan, Jakarta.

Berdirinya organisasi suporter The Jakmania mendapat dukungan penuh dari pengurus klub Persija Jakarta ketika itu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X