Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknik Pukulan Drive dalam Bulu Tangkis

Kompas.com - 23/03/2021, 19:40 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna,
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Permainan bulu tangkis di nomor ganda sering berjalan sengit dengan perpindahan kok antar wilayah permainan berjalan dengan cepat.

Salah satu teknik pukulan yang wajib dikuasai oleh pebulu tangkis ketika bertanding pada kategori ganda adalah pukulan drive.

Lantas apa sebenarnya yang dimaksud dengan teknik pukulan drive dan bagaimana melakukannya?

Baca juga: Sejarah Berdirinya BWF, Induk Olahraga Bulu Tangkis Dunia

Pengertian dan fungsi pukulan drive

Dalam permainan bulu tangkis terdapat berbagai teknik dasar yang harus dikuasai. Salah satunya yaitu pukulan drive, di mana teknik dasar tersebut bertujuan untuk mengarahkan kok melintasi garis atas net secara mendatar menuju bidang permainan lawan.

Karakter dari pukulan drive adalah cepat dan mendadak, dengan tujuan membuat lawan harus bertahan dengan mengangkat shuttlecock (kok) ke arah atas.

Umumnya laju kok berselisih sedikit ketika melintasi bibir atas net, serta cukup kencang untuk menjangkau lawan.

Dengan kata lain, pukulan drive dalam permainan bulutangkis mempunyai sifat lurus dengan kecepatan cukup kencang dan ketinggian sedikit di atas atau bahkan sejajar dengan kepala.

Tak heran jika pukulan drive banyak digunakan pada sektor ganda dalam bulu tangkis.

Baca juga: Teknik Melakukan Smash dalam Bulu Tangkis

Dikutip dari buku Mengenal Olahraga Bulu Tangkis: Tahapan Menuju Kemajuan (2020) karya Tri Hadi Karyono, pasangan pebulu tangkis nomor ganda memakai teknik pukulan drive ini untuk menghindari serangan dari lawan.

Sasaran dari teknik pukulan drive ini adalah untuk mengacaukan posisi kubu lawan, melalui penempatan kok di posisi sulit untuk dikembalikan atau menyerang balik.

Langkah melakukan teknik pukulan drive

Umumnya langkah melakukan pukulan drive berawal dari menempatkan kaki kanan di bagian depan, sementara posisi pegangan raket pada tangan kanan mengambil gaya forehand.

Kemudian sebelum memukul, usahakan posisi raket berada dekat dengan bahu serta lengan bawah ditekuk.

Baca juga: 8 Teknik Dasar Pencak Silat

Saat memukul tumpuan berat badan berada pada kaki kanan, sementara ayunan pukulan berawal dari siku serta mengandalkan kekuatan pergelangan tangan.

Pastikan kok dipukul pada posisi di bagian depan raket, serta ikuti arah ayunan secara alami setelah memukul.

Kombinasi teknik pukulan drive ini juga bisa dilakukan dengan arah menyilang menuju bidang permainan lawan dengan memutar raket

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com