Kompas.com - 21/03/2021, 15:00 WIB
Pebasket LA Lakers, Anthony Davis (kiri) dan pemain Miami Heat, Jimmy Butler, pada gim pertama final NBA 2019-2020 di AdventHealth Arena, Orlando, Amerika Serikat, Kamis (1/10/2020) pagi WIB. AFP/Kevin C. CoxPebasket LA Lakers, Anthony Davis (kiri) dan pemain Miami Heat, Jimmy Butler, pada gim pertama final NBA 2019-2020 di AdventHealth Arena, Orlando, Amerika Serikat, Kamis (1/10/2020) pagi WIB.

KOMPAS.com - Bola basket merupakan jenis olahraga permainan menggunakan bola besar yang dimainkan oleh dua tim atau regu. Masing-masing tim terdiri dari lima pemain.

Tujuan dari permainan bola basket adalah mencetak poin sebanyak mungkin. Tim yang mampu mencetak poin paling banyak adalah yang menjadi pemenang.

Bola basket memiliki teknik-teknik dasar yang meliputi teknik mengumpan atau passing, menggiring (dribbling), menembak (shooting), berputar (pivot), serta rebound.

Selain beragam teknik dasar tersebut, di dalam bola basket juga ada gerakan kombinasi dan variasi.

Lalu, apa yang dimaksud dengan variasi dan kombinasi permainan bola basket?

Baca juga: Bola Basket: Sejarah, Peraturan, dan Teknik Dasar

Gabungan dari beberapa gerakan menjadi satu rangkaian gerak berupa dribble, melangkah, dan menembak atau mengumpan biasa disebut dengan gerakan kombinasi dan variasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengutip laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ada beberapa contoh gerakan kombinasi dan variasi dalam olahraga bola basket.

Contoh gerakan kombinasi dan variasi dalam bola basket

1. Menggiring dan mengumpan bola

Gerakan ini diawali dengan dribbling (menggiring) bola lurus ke depan atau ke samping. Setelah melakukan dribbling, bola kemudian diumpan (passing) ke pemain lain.

2. Menggiring dan menembak bola

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.