Kompas.com - 21/03/2021, 08:20 WIB
Pebulu tangkis putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting saat melawan pebulu tangkis Cina Zhao Junpeng di pertandingan Daihatsu Indonesia Masters 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (24/1/2019). Antohy Ginting lolos ke babak perempat final usai menang dengan skor 21-15 dan 21-12. KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELIPebulu tangkis putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting saat melawan pebulu tangkis Cina Zhao Junpeng di pertandingan Daihatsu Indonesia Masters 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (24/1/2019). Antohy Ginting lolos ke babak perempat final usai menang dengan skor 21-15 dan 21-12.

KOMPAS.com - Seorang pemain bulu tangkis melakukan berbagai cara untuk meraih poin secara fair play, salah satunya yaitu dengan menggunakan teknik pukulan net atau netting.

Pukulan net atau teknik netting adalah pukulan yang dilakukan tepat di depan net. Biasanya, dalam permainan bulu tangkis pukulan netting adalah pukulan yang jatuhnya shuttlecock di wilayah lawan dengan jarak sedekat mungkin dengan posisi net.

Ya, teknik ini merupakan jenis pukulan pendek yang dilakukan pemain di depan net dan diarahkan jatuh tipis di bawah daerah lawan. 

Akan tetapi, tak jarang pula menempatkan kok jauh ke belakang untuk membuat rally atau clear.

Untuk menguasai teknik ini, seorang pebulu tangkis membutuhkan kemampuan untuk menyentuh kok dengan raket selembut mungkin dengan presisi mumpuni.

Tujuan melakukan pukulan net

Pukulan yang bertujuan menempatkan bola sedekat mungkin dengan net pada lapangan lawan disebut netting.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sasaran letak penempatan bola lebih dahulu melihat keberadaan serta sikap tubuh lawan saat bersiap menerima serangan.

Baca juga: Macam-macam Pukulan Bulu Tangkis dan Keunggulannya

Ketilka melepaskan pukulan net, seorang pemain perlu memperhatikan keseimbangan tubuh, kekuatan pukulan, dan akurasi saat mengarahkan kok.

Terutama momentum saat kok menyentuh bagian tengah dari permukaan raket, sehingga dapat membuatnya melaju dengan halus melintasi bibir net.

Adapun kekuatan yang diperlukan, bisa ditentukan dari jarak antara sasaran wilayah lawan dengan posisi sang pemain ketika hendak memukul kok.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X