Sepekan Dilatih Shin Tae-yong, Fisik Timnas U22 Indonesia Meningkat

Kompas.com - 30/12/2020, 16:01 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Dokumentas PSSIPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

KOMPAS.com - Timnas U22 Indonesia mengalami peningkatan fisik sejak memulai pemusatan latihan (TC) di bawah asuhan Shin Tae-yong, Senin (20/12/2020) lalu.

Adapun pelaksanaan latihan digelar di Lapangan D, Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, yang telah berlangsung selama lebih dari satu pekan.

Dalam TC timnas Indonesia kali ini, terdapat 36 pemain yang ikut ambil bagian. Salah satunya adalah Andik Rendika Rama.

Andik pun mengaku porsi latihan yang diberikan Shin Tae-yong membuat performanya berserta skuad Garuda Muda yang lain meningkat.

Baca juga: Jadwal Timnas U19 Indonesia di Spanyol, Lawan 4 Tim Lokal dan Arab Saudi

Pemain Madura United tersebut mengungkap bahwa peningkatan performanya itu berkat gaya kepelatihan Shin Tae-yong yang berfokus pada kekuatan fisik dan mental.

"Progres saya dan teman-teman selama pemusatan latihan hingga kini semakin meningkat. Apalagi dalam latihan, kami diforsir kekuatannya," kata Andik, dilansir dari laman resmi PSSI.

"Kemudian latihan kami dilakukan pada siang hari seperti ini, semoga progres ke depannya bisa lebih baik lagi," tuturnya.

Lebih lanjut, pemain yang akrab disapa Rama itu juga menyebut alasan di balik pelatihan fisik pemain difokuskan oleh Shin Tae-yong.

Baca juga: Piala Dunia U20 Batal, Timnas U19 TC ke Spanyol, Bersiap Apa Garuda?

Menurut dia, kompetisi tengah mengalami jeda yang lama membuat sang pelatih lebih mengutamakan untuk mengembalikan stamina pemain terlebih dahulu.

"Pelatih Shin Tae-yong menekankan pada latihan daya tahan tubuh," ujar Andik menambahkan.

"Pelatih Shin juga menegaskan karena kami libur di klub, jadi dia memberikan program latihan pemulihan dan peningkatan stamina," katanya.

Baca juga: Jumlah Personel Timnas U19 yang Berangkat ke Spanyol Beda dari Jumlah Awal?

Program pemusatan timnas U22 Indonesia di Jakarta akan akan berakhir pada 31 Desember.

Adapun TC ini dilakukan demi mempersiapkan skuad Garuda Muda jelang SEA Games 2021 di Vietnam pada bulan November mendatang.

Sementara itu, setelah TC timnas U22 berakhir, Shin Tae-yong akan langsung terbang ke Spanyol, Sabtu (2/1/2021), guna menyusul timnas U19 Indonesia yang juga tengah menjalani pemusatan latihan di sana.



Sumber PSSI
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X