Forum Komunikasi Induk Cabor Indonesia Usulkan Penyempurnaan Regulasi Olahraga

Kompas.com - 30/12/2020, 09:59 WIB
Defile kontingen Indonesia dalam pembukaan SEA Games 2019 di Philippine Arena, Bulacan, Filipina, Sabtu (30/11/2019). Pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut resmi dibuka dan akan berlangsung hingga 11 Desember 2019. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGDefile kontingen Indonesia dalam pembukaan SEA Games 2019 di Philippine Arena, Bulacan, Filipina, Sabtu (30/11/2019). Pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut resmi dibuka dan akan berlangsung hingga 11 Desember 2019.
|

KOMPAS.com - Forum Komunikasi Induk Cabang Olahraga Indonesia mengusulkan agar dilakukan penyempurnaan regulasi keolahragaan.

Hal itu berkaitan dengan perundang-undangan beserta turunannya, baik regulasi menyangkut teknis keolahragaan maupun regulasi menyangkut dukungan anggaran yang memadai bagi pelaksanaan proses pembinaan prestasi olahraga nasional.

Kesepakatan untuk dilakukan penyempurnaan regulasi keolahragaan itu bermula dari webinar Forum Komunikasi Induk Cabor Indonesia yang diikuti oleh 15 cabor, di antaranya PP IJBA (jet ski), PP Persambi (sambo), PB Porlasi (layar), PP PTMSI (tenis meja), PB IPSI (pencak silat), dan PB JI (jujitsu).

Selain itu, ada pula PB FOPI (petanque), PB PODSI (dayung), PB Persani (senam), PB POBSI (biliard), PB Perbasi (basket), PB Perkemi (kempo), PB MPI (modern pentathlon), PB Pelti (tenis lapangan), dan PB Porgatsi (gateball).

Baca juga: Persiapan Cabang Dayung Hadapi SEA Games Vietnam

"Penyempurnaan yang dimaksud adalah selain mengubah kandungan regulasinya, juga menambahkan atau menyederhanakan, termasuk meniadakan regulasi teknis yang dianggap berlebihan dan tidak memberikan ruang fleksibel dalam mendukung proses pembinaan prestasi olahraga," kata juru bicara Forum Komunikasi Induk Cabang Olahraga Indonesia, Renaldi Duyoh, dalam siaran pers yang diterima, Selasa (29/12/2020).

"Selama ini, dukungan atas proses peningkatan prestasi olahraga Indonesia lebih cenderung dukungan kepada keikutsertaan atlet pada kegiatan multievent internasional, seperti Olimpiade, Asian Games, Asian Beach Games, serta SEA Games, sementara kegiatan yang single event seperti kejuaraan dunia, Asia maupun regional, selama ini kurang mendapat perhatian," kata Renaldi Duyoh, yang juga merupakan Sekjen PB IJBA (jet ski).

Forum Komunikasi Induk Cabang Olahraga Indonesia menilai, proses kompetisi prestasi yang sangat ketat adalah di single event sehingga hal ini perlu diluruskan agar secara keseluruhan proses peningkatan prestasi dapat seirama dengan apa yang dílakukan oleh induk cabang olahraga Indonesia.

Di lain hal, lanjut Renaldi, kejuaraan single event itu juga rangkaian dari proses pembinaan peningkatan prestasi atlet.

Baca juga: Cabor Binaraga Langsung Bidik SEA Games Hanoi 2021

Diskusi atau webinar yang merupakan refleksi akhir tahun 2020 ini pada prinsipnya sejalan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September 2020 lalu.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa proses peningkatan prestasi olahraga Indonesia harus dirombak total, terutama pada sistem tata kelola pembinaan keolahragaan.

Selain itu, Forum Komunikasi Induk Cabang Olahraga Indonesia mendukung kerja sama dengan Kemenpora untuk melakukan komunikasi dan pertemuan dengan seluruh induk cabang olahraga yang ada.

Hal ini dimaksudkan agar masukan-masukan dari para pengurus induk cabang olahraga bisa berjalan efektif dalam rangka bersinergi untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X