Cabor Binaraga Langsung Bidik SEA Games Hanoi 2021

Kompas.com - 28/08/2020, 11:20 WIB
Olahraga binaraga kini tak lagi bernaung di bawah PB PABBSI. Mereka kini punya organisasi baru bernama Perkumpulan Binaraga dan Fitnes Seluruh Indonesia (PBFI). Dok. PBFIOlahraga binaraga kini tak lagi bernaung di bawah PB PABBSI. Mereka kini punya organisasi baru bernama Perkumpulan Binaraga dan Fitnes Seluruh Indonesia (PBFI).

KOMPAS.com - Cabang olahraga binaraga memulai babak baru setelah dalam Rakernas Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) memutuskan menerima mereka sebagai anggota resmi.

Dalam rakernas melalui virtual yang berakhir Kamis (27/8/2020), cabang olahraga (cabor) binaraga resmi tidak lagi berada dalam naungan Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi, Berat dan Binaraga Seluruh Indonesia (PB PABBSI).

Cabor binaraga memiliki organisasi sendiri yakni Perkumpulan Binaraga dan Fitness Indonesia (PBFI).

"Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota KONI yang mau menerima kehadiran PBFI sebagai saudara baru," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Perkumpulan Binaraga dan Fitness Indonesia (PP PBFI), Irwan Alwi, di Gedung KONI Pusat, Jakarta.

Baca juga: Terpisah dari Angkat Besi, Disiplin Binaraga Kini Punya Organisasi Baru

"Kami juga berterima kasih kepada pak Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman yang memberikan dukungan dan mendorong binaraga agar bisa meraih prestasi lebih baik setelah memiliki organisasi sendiri."

Dalam waktu dekat, kata Irwan Alwi, pihaknya akan segera melakukan rapat untuk membentuk susunan kepengurusan dan menyiapkan program jangka pendek, menengah dan panjang.

Apalagi, PP PBFI akan dihadapkan dua ajang penting yakni Pekan Olahraga Nasional ( PON) XX Papua 2021 dan SEA Games Hanoi, Vietnam 2021.

"Yang pasti, PP PBFI siap mensukseskan pelaksanaan PON Papua 2021 dan akan mempersiapkan atlet binaraga terbaik untuk tampil pada SEA Games Vietnam 2021," kata Irwan.

Baca juga: Di Kejuaraan Binaraga Asia, Atlet Indonesia Raih Perunggu

Mengingat waktu pelaksanaan PON Papua sangat berdekatan dengan SEA Games, atlet-atlet binaraga yang disiapkan ke Hanoi adalah hasil dari kualifikasi PON Papua 2021.

"Atlet binaraga yang disiapkan ke Hanoi adalah yang terbaik dari hasil kualifikasi PON karena tidak mungkin menunggu hasil PON Papua yang waktunya berdekatan. Mereka perlu disiapkan lebih awal sehingga keinginan meraih prestasi bisa terwujud," tutur Irwan.

Pada SEA Games Vietnam 2021, cabang olahraga binaraga memperebutkan 12 medali emas.

"SEA Games Vietnam 2021 itu sebagai batu loncatan untuk ke event lebih tinggi. Makanya, kami harus kerja keras bisa menyumbangkan medali emas bagi Kontingen Indonesia."



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X