Kompas.com - 19/12/2020, 16:36 WIB
Ilustrasi lari shutterstockIlustrasi lari

JAKARTA, KOMPAS.com - Olahraga luar ruang di saat pandemi corona menjadi pilihan.

Pasalnya, merujuk pada hasil studi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), masyarakat menghindari olahraga di ruang tertutup.

"Olahraga di ruang tertutup meningkatkan angka penularan corona," kata pakar imunologi Anthony Fauci.

Fauci yang juga Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS (NIAID) mengatakan berolahraga di ruang tertutup membuat orang-orang bernapas mendalam.

"Mereka cenderung mengeluarkan lebih banyak droplet yang menyebar ke mana-mana tanpa ada penyaringan udara luar ruangan," imbuh Fauci.

Baca juga: Werner Jelaskan Julukan Turbo Timo dan Kisahnya Berlari ke Bukit

Belum lagi, berolahraga di dalam ruangan memperpendek jarak seseorang satu sama lain.

"Sudah barang tentu, hal ini mengganggu kebijakan saling menjaga jarak (social distancing) sebagai salah satu protokol kesehatan," kata Fauci lagi.

Fauci mengakui, di masa pandemi, banyak orang yang kemudian beralih ke olahraga luar ruang.

"Salah satu yang dipilih adalah olahraga lari," katanya.

Pilihan pada olahraga lari juga didasari oleh sifatnya yang ekonomis lantaran hanya ada kebutuhan utama yakni sepatu lari ringan, aman, dan nyaman.

Perhatikan tiga bagian yakni betis, lutut, dan otot sendi lutut saat berolahraga lari. Aolikes Indonesia Perhatikan tiga bagian yakni betis, lutut, dan otot sendi lutut saat berolahraga lari.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X