Penakluk Perancis pada Piala Dunia 2002, Papa Bouba Diop Meninggal Dunia

Kompas.com - 30/11/2020, 10:55 WIB
Gelandang Senegal, Papa Bouba Diop, merayakan gol yang ia cetak ke gawang Perancis pada pertandingan pembuka Grup A Piala Dunia 2002 yang digelar di Stadion Seoul World Cup, 31 Mei 2002. Pada laga tersebut, Senegal menang 1-0 atas Perancis. AFP/PATRICK HERTZOGGelandang Senegal, Papa Bouba Diop, merayakan gol yang ia cetak ke gawang Perancis pada pertandingan pembuka Grup A Piala Dunia 2002 yang digelar di Stadion Seoul World Cup, 31 Mei 2002. Pada laga tersebut, Senegal menang 1-0 atas Perancis.

KOMPAS.com - Kabar duka kembali datang dari dunia sepak bola. Mantan pemain timnas Senegal yang pernah berkarier di Liga Inggris, Papa Bouba Diop, meninggal dunia pada usia 42 tahun.

Melansir dari The Guardian, Papa Bouba Diop meninggal dunia pada Minggu (29/11/2020) setelah menderita sakit berkepanjangan.

FIFA juga telah mengonfirmasi meninggalnya Diop yang merupakan anggota skuad Senegal saat tampil pada Piala Dunia 2002 yang digelar di Jepang dan Korea Selatan.

"FIFA berduka mengetahui meninggalnya legenda Senegal, Papa Bouba Diop. Sekali menjadi pahlawan Piala Dunia, selalu menjadi pahlawan Piala Dunia," bunyi pernyataan resmi FIFA.

Presiden Senegal Macky Sall turut memberikan penghormatan kepada eks pemain Fulham dan Portsmouth tersebut.

Baca juga: FIFA Didesak Pensiunkan Nomor 10 untuk Hormati Diego Maradona

"Kepergian Papa Bouba merupakan kehilangan besar bagi Senegal," tulis Macky Sall melalui akun Twitter pribadinya.

"Saya memberikan penghormatan kepada seorang pesepak bola yang baik, dihormati oleh semua orang atas kesopanan dan bakatnya, dengan bangga mengingatkan kami pada cerita The Lions (julukan timnas Senegal) pada 2002. Saya menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarganya dan dunia sepak bola."

Ucapan duka sekaligus penghormatan juga datang dari bintang timnas Senegal masa kini yang bermain untuk Liverpool, Sadio Mane.

"Papa Bouba, dengan hati yang hancur kami mengetahui kepergianmu. Ketahuilah bahwa Anda akan tetap berada di hati kami selamanya, bahkan ketika Anda pergi tanpa mengucapkan selamat tinggal kepada kami. RIP," tulis Mane di akun Instagram-nya.

Baca juga: Nominasi FIFA The Best 2020: Ada Lewandowski, Messi, dan Marcelo Bielsa

Fulham serta Portsmouth pun turut memberikan ucapan belasungkawa kepada Papa Bouba Diop.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Guardian
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X