FIFA Didesak Pensiunkan Nomor 10 untuk Hormati Diego Maradona

Kompas.com - 26/11/2020, 17:20 WIB
Maradona, Si Pencetak Gol Tangan Tuhan KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoMaradona, Si Pencetak Gol Tangan Tuhan

KOMPAS.com - Pelatih Olympique Marseile, Andre Villas-Boas, memiliki ide "nyeleneh" untuk menghormati mendiang Diego Maradona.

Juru taktik asal Portugal itu mendesak FIFA untuk "mengistirahatkan" nomor 10, yang identik dengan Maradona.

“Dan Maradona, ya, itu berita yang sulit, saya ingin FIFA memensiunkan seragam No.10 di semua kompetisi, untuk semua tim," ucapnya, seprti dilansir dari Goal, Kamis (26/11/2020). 

“Itu akan menjadi penghormatan terbaik yang bisa kami lakukan untuknya. Dia adalah kehilangan yang luar biasa bagi dunia sepakbola," kata Villas-Boas.

Baca juga: Maradona Meninggal, Valentino Rossi Kenang Momen Saat Bersama Sang Legenda

Nomor punggung 10 memang sangat lekat dengan Maradona. Nomor tersebut dipakainya sejak memperkuat Boca Juniors, Barcelona, Napoli, dan di timnas Argentina.

Hingga saat ini, baru Napoli saja yang berani memensiunkan nomor punggung 10.

Klub asal kota Naples itu tak menyediakan lagi jersey nomor 10 untuk para pemainnya sejak 2000.

Hal itu dilakukan untuk menghormati sosok Maradona, yang mengantarkan mereka meraih sejumlah trofi.

Baca juga: Rekam Jejak Diego Maradona sebagai Pelatih Timnas Argentina

Bersama Maradona (1984-1991) Napoli meraih dua scudetto (1986-1987 dan 1989-1990) dan satu Piala UEFA (1988-1989), yang saat ini bernama Liga Europa.

Kini, sosok pemilik abadi nomor 10 itu telah pergi. Maradona meninggal dunia dalam usia 60 tahun pada Rabu (25/11/2020) malam WIB.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X