5 Fakta Lewis Hamilton Juara Dunia Formula 1 untuk Ketujuh Kali

Kompas.com - 15/11/2020, 19:15 WIB
Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, terlihat emosional di kokpit mobilnya setelah menjadi pemenang di MotoGP Turki, Minggu (15/11/2020). Kemenangan itu mengunci gelar juara dunia F1 ketujuh sang pebalap. FOX SPORTSPebalap Mercedes, Lewis Hamilton, terlihat emosional di kokpit mobilnya setelah menjadi pemenang di MotoGP Turki, Minggu (15/11/2020). Kemenangan itu mengunci gelar juara dunia F1 ketujuh sang pebalap.

KOMPAS.com - Lewis Hamilton menjadi pemenang di Formula 1 GP Turki pada Minggu (15/11/2020) malam hari WIB sekaligus mengunci gelar juara dunia F1 ketujuhnya.

Pebalap berusia 35 tahun ini memulai balapan dari posisi keenam, tetapi ia membalap dengan efisien untuk menyabet tempat pertama di kondisi lintasan basah nan sulit.

Lewis Hamilton sebenarnya salah satu pebalap yang mengalami kesulitan dengan kondisi cuaca dan minimnya grip di trek Sirkuit Istanbul Intercity pada sesi kualifikasi.

Pebalap yang biasanya tampil impresif di lintasan basah tersebut hanya bisa mencatatkan waktu 4,795 detik lebih lamban dari Lance Stroll yang secara mengejutkan mengambil pole position pertamanya.

Baca juga: Hasil F1 GP Turki - Hamilton Kunci Gelar Juara Dunia, Samai Rekor Michael Schumacher

Namun, Lewis Hamilton menciptakan sejarah setelah pesaing terdekatnya yang juga rekan setimnya sendiri, Valetteri Bottas, tak bisa berbicara banyak di Istanbul.

Satu-satunya pebalap di grid yang bisa mengejar perolehan angka Hamilton dengan tiga seri tersisa itu tampil sangat buruk dengan mengalami setidaknya 5 kali spin sepanjang balapan.

Bottas hanya bisa mengejar Hamilton apabila ia mengambil tujuh poin lebih banyak dari Hamilton. Namun, pebalap asal Finlandia itu akhirnya hanya bisa finis di papan bawah grid.

Berikut adalah lima fakta menarik Lewis Hamilton menjadi juara dunia Formula 1 2020:

1. Gelar Ketujuh Lewis Hamilton

Ini adalah gelar ketujuh Lewis Hamilton, menyamai rekor Michael Schumacher. Sebelum ini Lewis Hamilton menjadi juara dunia pada 2008, 2014, 2015, 2017, 2018, 2019.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X