Apa Manfaat TC Timnas U19 Indonesia di Kroasia?

Kompas.com - 26/10/2020, 06:30 WIB
Tim Garuda Merah usai memetik kemenangan atas Garuda Putih pada gim internal timnas U19 Indonesia, Jumat (23/10/2020). DOK. PSSITim Garuda Merah usai memetik kemenangan atas Garuda Putih pada gim internal timnas U19 Indonesia, Jumat (23/10/2020).

KOMPAS.com - Timnas U19 Indonesia di bawah komando pelatih Shin Tae-yong telah menjalani training center (TC) di Kroasia sekitar dua bulan lamanya.

Timnas U19 Indonesia berangkat ke Kroasiadari Tanah Air pada akhir Agustus 2020.

Kemudian, pada 27 Oktober 2020, mereka dijadwalkan sudah kembali ke Indonesia.

Selama dua bulan di Kroasia, timnas U19 Indonesia sudah melakoni laga uji coba sebanyak 11 kali dengan rincian 5 menang, 3 imbang, dan 3 kalah.

Baca juga: TC Timnas U19 Selesai, Ini 5 Fakta Unik Garuda Muda Selama di Kroasia

Bersamaan dengan hal tersebut, berbagai ilmu dan pengalaman mereka dapatkan, khususnya bertanding melawan klub maupun tim asal Benua Eropa yang memiliki postur lebih tinggi.

Meski postur lebih tinggi, mereka tetap tampil percaya diri dan berani duel satu lawan satu.

Sebab, selama TC di Negeri Vatreni tersebut, Shin Tae-yong membekali mental dan fisik yang cukup.

"Alhamdulillah kami sudah menjalani dua bulan kami menjalani TC di Kroasia. Banyak manfaat, pengalaman dan pelajaran yang kami dapatkan di sini," kata kapten timnas U19 Indonesia, David Maulana.

Baca juga: Timnas U16 Indonesia Vs UEA, Garuda Asia Tampil Sesuai Keinginan Bima Sakti

"Kami rasa tim semakin kompak, solid dan matang," ujar dia soal manfaat TC di Kroasia.

Namun demikian, target mereka masih jauh dari harapan. Sebab, tujuan utama adanya TC di luar negeri tersebut tak lain adalah kemenangan dan prestasi di pentas Piala Asia U19 2020 maupun Piala Dunia U20 2021.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X